Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Meski Senang, Diterima Kuliah di IPB Tapi Dhea Bingung

Betapa senangnya hati Dhea Padilah Putri (18 tahun) begitu mendengar kabar dirinya diterima kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Namun gadis semester 1 Jurusan Manajemen Industri ini menjadi bingung bagaimana menutupi biaya kuliah yang dinilainya sangat besar.

Inilah masa-masa yang sulit bagi warga Dusun Conggeang Desa Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Apakah orang yang secara ekonomi kurang beruntung harus juga meninggalkan bangku kuliah yang dicita-citakannya sejak SMA? Pertanyaan itu kerap menggelayut dalam benaknya.

Dhea adalah anak semata wayang dari pasangan Dadang Samsudin (50 tahun)  dan Popon Mulyati (49 tahun). Namun entah karena masalah apa, sejak Dhea SMP, orang tua Dhea bercerai. Sang ayah pergi hingga hari ini tak  ada kabarnya sama sekali.

Sejak saat itu, resmilah Popon sebagai single parent. Ia banting tulang mencari nafkah.  Tidak jarang Dhea membantu ibu berjualan seblak namun penghasilan yang didapatnya, yang hanya Rp 15 ribu per hari itu langsung ludes  untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Walhasil tak ada dana sama sekali untuk biaya kuliah.

Apalagi semenjak masuk kuliah Dhea tidak dapat lagi membantu ibu seperti biasanya. Sedangkan penghasilan dari ibu berjualan seblak itu sangat minim sekali sehingga sangat keteteran untuk biaya kuliah Dhea.

Semua manusia berhak bahkan wajib untuk menuntut ilmu tanpa memandang status ekonominya. Meski sebenarnya kewajiban negara untuk memastikan semua warga bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya, kaum Muslimin pun disunahkan untuk berdonasi.

Untuk mengurangi beban keluarga Dhea, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi. Sehingga gadis yang aktif di kegiatan rohis IPB tersebut dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya dan kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

Donasi yang Diperlukan:

Rp 29.800.000,-  (biaya kuliah semester 1 dan 2 Rp 12 juta; seragam Rp 1.960.000; akomodasi selama setahun Rp 6.864.000).

Mitra Lapang:

Weli Kurniawan

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.