Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Pesma Al-Khoir, Solusi Minimnya Kuliah Agama di Kampus

Apa yang dilakukan mahasiswa pada waktu kosong jam kuliah? Beragam aktivitas di antaranya ada yang memperdalam ilmu agama salah satunya seperti yang dilakukan Faris Fadhli, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Sepulang kuliah Faris dan enam mahasiswa UI lainnya belajar bahasa Arab, ikut kajian kitab Fikrul Islam, tahsin Al-Qur’an dan lainnya di Pesantren Mahasiswa (PESMA) Al-Khoir, Jalan  H Kodja 40, Kukusan Beji, Depok, Jawa Barat. Mereka merupakan angkatan pertama Pesma yang baru beroperasi sejak Agustus 2018.

Menurut Sekretaris Pengurus Pesma Al-Khoir Ustadz Abdurrohman, Pesma memang ditujukan untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada mahasiswa dan generasi muda negeri ini. Karena merekalah penerus perjuangan dakwah dan calon pemimpin bangsa ini d imasa depan.

Kebutuhan pemahaman Islam menjadi urgen bagi kalangan mahasiswa mengingat saat ini hanya ada 2 SKS pelajaran agama selama kuliah. Hal ini sangat kurang untuk mencetak generasi muda yang paham Islam dan berakhlak mulia tanpa adanya pembinaan dan pendidikan pemahaman Islam,” ungkapnya.

Selain itu mahasiswa diarahkan untuk senantiasa melakukan pengkajian dan diskusi yang terhadap masalah-masalah yang dianggap baru. Dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas individu, mengembangkan budaya mengkaji, serta meningkatkan kepekaan terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Pesantren mahasiswa ini juga diharapkan mampu membekali generasi muda dengan life skills dan berpikir cemerlang serta memberi kontribusi terhadap lingkungan sekitar.

Program pendidikan yang disusun ada 5 pilar utama. Pertama, pendidikan Al-Qur’an mulai dari membaca, menghafal dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, pendidikan bahasa Arab. Ketiga, pendidikan fikih muamalah dan fikih kontemporer. Keempat, pelatihan entrepreneur. Kelima, pengabdian pada masyarakat.

Agar pembinaan lebih optimal, mahasiswa dianjurkan untuk mondok di Pesma. Animo yang ingin mondok di Pesma sangat tinggi hanya saja tempat yang disewa saat ini hanya mampu menampung enam mahasiswa yang menginap.

Rencananya, lokasi Pesma akan pindah ke tempat yang lebih besar dan dapat menampung 20 mahasiswa menginap. Lokasinya tetap di Beji juga. Dengan target santrinya adalah mahasiswa Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Unindra dan kampus terdekat lainnya.

Hanya saja, yang jadi kendala adalah tiadanya biaya sewa rumah dan juga honor buat para ustadznya. Untuk menyukseskan program Presma Al-Khoir, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin berdonasi. Sehingga semakin banyak mahasiswa yang terbina iman Islamnya dan kita semua mendapat pahala dari Allah SWT karena telah membantu proses lahirnya generasi cerdas berbasis Al-Qur’an dan As-Sunnah. Aamiin.

Donasi yang diperlukan:

Rp 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah)

Mitra Lapang:

Ustadz Abdurrohman

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.