Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Rumah yang Diidamkan Yusep Bertahun-tahun, Hilang Sekejap Tersapu Banjir

BWA-Sedekah Rumah. Dengan pandangan mata kosong, Yusep Nurjamal (45 tahun) menatap rumah yang kini sudah rata dengan tanah. Hampir setiap hari, pasca banjir bandang  menyapu Garut, warga Jalan Samarang, Kota Garut menengok rumah yang tinggal pondasi tersebut.

Ia adalah salah satu warga korban banjir bandang Garut 21 September lalu. Bencana banjir itu  meluluhlantakan rumahnya beserta rumah warga yang lain hanya dalam sekejap. Rumah sederhana itu adalah rumah impian yang dibangun Yusep dari hasil keringatnya sendiri.

 

Setiap hari, Yusep bersama istri tercinta Sopa (32 tahun) menyisihkan sebagian penghasilan dari jasa tambal dan service ban. Setelah menabung beberapa tahun,  alhamdulilah mewujud sebuah rumah semi permanen sederhana dengan luas 30 meter persegi tersebut.

Namun rumah yang dibangun 4 tahun lalu itu kini tinggal kenangan. Untuk sementara, Yusep beserta istri dan kedua anaknya yang masih kecil tinggal di sebuah kontrakan sederhana, atas inisiatif teman-temannya. Saat ini, Yusep tidak cukup yakin bisa membangun kembali rumahnya. Sementara, bantuan dari pemerintahpun masih belum jelas.

Waktu banjir menerjang, beruntung Yusep masih belum tidur. Sedangkan Sopa sedang sibuk menyetrika. Tahu ada air tiba-tiba masuk rumah, Yusep segera memberi tahu Ketua RT dan warga yang lain. Yusep dan istri segera membawa anak mereka.

Saking paniknya melihat air bah yang datang tiba-tiba, si bungsu hampir ketinggalan karena tidur terpisah. “Saya sudah hampir pergi dari rumah, eh ada tangisan, tahunya si bungsu belum kebawa,” kenang Yusep.

Setelah banjir  mulai surut, Yusep bergegas kembali ke lokasi banjir. Yusep mendapati rumahnya tinggal pondasi saja.  

Untuk mengurangi beban keluarga Yusep, melalui program Sedekah Rumah, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) menggalang dana dari kaum Muslimin. Sehingga Yusep dapat kembali membangun rumah semi permanen, dan kita semua mendapatkan pahala dari Allah SWT karena telah membantu sesama.[]

Sedekah yang Diperlukan:

Rp 160.000.000 (pembangunan rumah semi permanen seluas 30 meter persegi sebanyak 2 rumah)

Mitra Lapang:

Ust. Dendy

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibuat oleh BWA, maka kelebihan dana project tersebut akan dialihkan untuk project lain di program yang sama berdasarkan kebijakan Managemen BWA.

Live Chat
Hide Chat