Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Sukseskan Mental Recovery Gempa Lombok dengan Wakaf Al-Qur'an

(dr. M.aliansyah menangani pasien balita korban gempa lombok) 

Dalam melaksanakan pendistribusian logistik dan pengecekan kesehatan bersama tim dokter Help Sharia, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) juga melakukan mental recovery ke posko-posko bencana gempa bumi Lombok.

Selama lima hari (9-13 Agustus 2018), tim BWA survey mendatangi posko-posko pengungsian di Kabupaten Lombok Barat; Kabupaten Lombok Utara; Kota Mataram; Kabupaten Lombok Tengah; dan Kabupaten Lombok Timur.

Di berbagai posko yang disinggahi, Ustadz Marsi, salah seorang relawan BWA dari Jakarta, mengimami shalat berjamaah dan juga mengisi tausiah untuk memulihkan mental ( Mental Recovery) korban gempa. BWA juga menggandeng para ustadz muda yang tergabung dalam tim YukNgaji, untuk mengembalikan keceriaan anak-anak pengungsi.

Semua posko yang didatangi memiliki berbagai masalah yang sama di antaranya adalah ketiadaan Al-Qur’an. “Ternyata hampir rata-rata di posko pengungsian tidak terdapat Al-Qur’an, padahal banyak masyarakat Muslim Lombok yang membutuhkan Al-Qur’an,” ujar Weli Kurniawan, ketua tim survei BWA, Ahad (13/8/2018). 


Hal senada juga disampaikan oleh tokoh setempat. “Kami sangat membutuhkan Al-Qur’an,” ujar salah satu tokoh Nahdatul Waton Ibu Neni Supartini dan Slamet Riyadi, guru madrasah setempat saat ditemui tim BWA, di posko Dusun Kertarahaja, Desa Genggelan, Kecamatan Gangga, Kabupaten KLU.

Oleh karena itu BWA bersama partner lapang dan ustadz setempat melanjutkan Program Mental Recovery dengan semakin menggalakkan kajian keIslaman di tiap-tiap posko pengungsian korban gempa Lombok.

Dalam program tersebut dibutuhkan sekitar 50.000 Al-Quran. Untuk menyukseskan program pemulihan mental korban gempa, melalui Program Wakaf Al-Qur’an dan Pembinaan (WAP), BWA menggalang wakaf Al-Qur’an dari kaum Muslimin. Sehingga keimanan dan ketakwaan korban gempa bertambah dan kita juga mendapat pahala berlimpah. Aamiin.[]  

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp 5.000.000.000 (50.000 Eksemplar Al-Quran @Rp 100.000)

 

Partner Lapang:

Ustadz dr. Sapto Sutardi

Sukseskan Mental Recovery Gempa Lombok dengan Wakaf Al-Qur'an

Update #1. Lombok Bangkit dengan Al-Qur’an

Update #1. Lombok Bangkit dengan Al-Qur’an

Pada hari Sabtu 20 Oktober 2018, kali ini kami yang terdiri dari 3 orang melakukan pendistribusian Al-Qur’an sebanyak 3.400 eksemplar ke daerah yang terkena musibah gempa di Lombok, Nusa Tenggara barat. Al-Qur’an yang di distribusikan ke Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Barat merupakan tahapan pertama dari 2 tahapan yang akan direalisasikan oleh BWA.

Dari bandara halim perdana kusuma jakarta, Tim BWA  bertolak ke mataram. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Lombok.

Pendistribusian ini di lakukan dengan cara mengunjungi posko-posko pengungsian, yayasan atau Pesantren dan masjid – masjid yang ada disana. Selama pendistribusian, sering kami dapati kondisi Al-Qur’an yang sudah rusak dan harus diganti karena beberapa lembarnya sudah sobek dan hilang.

Ketika tim Badan Wakaf Al-Qur’an menuju salah satu posko yang berada di Lombok Utara, kami dapati bahwa setiap anak yang belajar membaca Al-Qur’an dan Iqra harus saling bergantian. Penyebab nya adalah karena keterbatasan Al-Qur’an dan Iqra. Maklum saja mungkin Al-Qur’an dan Iqra yang mereka punya sudah sudah tertimbun reruntuhan atau mungkin sudah rusak. Tetapi hal itu tidak menjadi hambatan mereka untuk terus semangat belajar, karena tampak dari wajah mereka yang cukup antusias ketika mereka belajar mengaji.

Kegembiraan dan haru menghiasi proses pendistribusian ketika melihat masyarakat disana begitu bahagia mendapat Al-Qur’an yang baru. Semoga dengan adanya Al-Qur’an wakaf ini dapat menjadikan wasilah kebaikan serta penyemangat saudara-saudara kita disana untuk dapat membangkitkan kembali Lombok pasca bencana. Dan semoga para wakif selalu mandapatkan pahala yang tak terhingga dari Allah SWT. Aamiin

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.