Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Sulitnya Air Tawar Di Pulau Madu

BWA-WAfP. Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki satu pulau yang bernama pulau Madu? Jika belum tahu, pulau Madu ini terletak paling tenggara dari provinsi Sulawesi Selatan. Pulau ini berada disebelah timur gugusan pulau Bonerate yang terkenal keindahannya. Pulau yang memiliki lebarsekitar 1 KM dan panjang 8 KM ini dapat ditempuh dari pulau Adonara Nusa Tenggra Timur sekitar 10 jam dengan menggunakan kapal laut, sedangkan jika dari Ujung Pandang dibutuhkan waktu 1,5 hari perjalanan laut.

WAfP-Pulau madu

Sebuah sumur kering yang berada di Pulau Madu yang terletak paling tenggara dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Pulau yang dihuni lebih dari 2500 jiwa ini merupakan salah satu pulau yang terisolasi. Sulitnya jalur transportasi yang ditempuh membuat pulau ini lambat berkembang. Salah satu kampung yang kesulitan mengakses air bersih adalah desa Onesatonde atau biasa disebut Onesatonda. Di pulau ini terdapat sekitar 1500 jiwa atau sekitar 300 KK yang mengandalkan satu-satunya sumur air tawar yang ada di desa mereka, berjarak sekitar 100 meter dari pemukiman penduduk. Mereka harus rela antri demi mendapatkan air untuk kebutuhan minum dan memasak.

Menurut penuturan Pak Lageno, Kepala Desa Onesatonde Pulau Madu, warganya mengalami 2 kesulitan fasilitas umum yang paling dibutuhkan warga yaitu air bersih dan listrik. Untuk Listrik belum ada jaringan PLN sehingga warga menggunakan genset untuk menerangi rumah mereka masing-masing.Untuk air bersih ini belum ada solusi yang bisa memenuhi kebutuhan air bersih warganya, kecuali 1 sumur yang tawar yang dimiliki desa. Itu pun pada bulan Oktober sampai Desember volume air sumur biasanya menyusut tajam.

WAfP - Pulau Madu

Penduduk Desa Onesatonde yang sedang memasak air untuk kebutuhan minum dan memasak.

Mesin Desalinasi Air Payau Sebagai Solusi

Tim Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang melakukan survey pada tahun 2013 lalu kepulauan madu ini, melihat bahwa masalah krisis air bersih di desa Onesatonde pulau Madu ini dapat di selesaikan dengan menggunakan mesin desalinasi air payau. Mesin ini dapat memfilter air payau menjadi air tawar, sehingga dapat dikonsumsi warga. Oleh karena itu, BWA berencana membuat Project Wakaf Sarana Air Bersih dengan mesin desalinasi yang dilengkapi dengan teknologi prepaid. Teknologi prepaid ini digunakan sebagai solusi agar dana infaq perawatan mesin yang dibayarkan masyarakat ketika mengambil air di hydran umum ini, dapat teratur terkumpul optimal. Mesin ini rencananya di desain bersifat mobile sehingga mudah dipindahkan dari satu desa ke desa lain yang juga membutuhkan air bersih.

Bentuk Project

Agar project ini dapat bertahan lama, maka akan pendampingan dan pelatihan kepada nadzir wakaf (pengelolaan set wakaf) yang dilakukan oleh tim BWA agar mereka bisa mengoperasikan dan memelihara peralatan asset wakaf sarana air bersih ini.

Sistem Prepaid yang diterapkan diharapkan mampu memberikan edukasi kepada warga agar menggunakan air bersih seperlunya. Serta dapat terkumpulnya dana operasional untuk membelisolar, menggaji nadzir wakaf dan pegawai operasional serta keperluan operasional lainnya.

Adapun kegiatan project di pulau Madu adalah sebagai berikut :

  • Dimulai dengan pembuatan sumur dalam sebagai sumber air baku
  • Desalinasi air payau menggunakan mesin dengan kapasitas 20.000 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan memasak, minum warga.
  • Distribusi air tawar melalui hydrant umum di 2 titik yang ditampung dalam tangki air kapasitas 2250 liter di masing-masing titiknya.
  • Pembelian air oleh warga menggunakan teknologi prepaid system.
  • Transfer pengetahuan dan teknologi pada masyarakat setempat agar dapat mengelola dan memelihara sarana wakaf air bersih ini.

Dengan adanya mesin desalinasi ini diharapkan kesulitan air bersih yang dialami oleh saudara-saudara kita di Pulau Madu ini dapat terselesaikan. Dan lebih dari itu, kondisi kesehatan warga akan semakin baik untuk bekerja lebih giat lagi untuk membangun desa. Sedangkan bagi wakif, harta wakaf yang didonasikan akan memberikan pahala yang senantisa mengalir dan menjadi bekal wakif untuk kehidupan akherat menuju surga-Nya Allah SWT, Insya Allah...[]

Dana yang dibutuhkan

Rp. 833.600.000,- (Delapan Ratus Tiga Puluh Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)

Partner Lapang:

Arifudin Anwar 

Project ini didukung oleh :

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibuat oleh BWA, maka kelebihan dana project tersebut akan dialihkan untuk project lain di program yang sama berdasarkan kebijakan Managemen BWA.

Live Chat
Hide Chat