Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Terkadang Ustadz Syarif Tak Dapat Motor Pinjaman untuk Dakwah

Jika uang yang dicari, mungkin sudah lama Ustadz Syarif Harun meninggalkan dakwah di lereng Gunung Doro Oromboha, Bima Nusa Tenggara Barat (NTB). Honornya sebagai penyuluh agama pun tak seberapa, hanya Rp 500 ribu per bulan dari Kementerian Agama setempat. Tanpa diberi fasilitas ia harus menyusuri kebun, dan perbukitan yang menjadi jalur yang harus di tempuhnya.

Salah satu TPA yang dibina oleh Ustadz Syarif Harun

Jalanan yang begitu sulit dengan kondisi menurun dan menanjak ini tentu tidak mudah untuk dilaluinya. Terlebih lagi alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) Sunan Giri Bima tahun 2014, ini menempuh jalur yang hanya dapat ditempuh dengan sepeda motor kecil yang jelas tidak tepat untuk kondisi medan yang terjal tersebut. Belum lagi musim hujan, motor seringkali mengalami slip. Sampai ke tempat pengajian dengan pakaian berlumpur sudah menjadi langganannya.

Berkat kegigihannya berdakwah, ia dipercaya menjadi khatib Jum’at di berbagai masjid di desanya dan juga beberapa desa sekitarnya. Di samping itu ia mengisi pengajian rutin di beberapa desa yang diselenggarakan warga setempat.

Kebahagian bagi pria kelahiran Dusun Mbawa Kecamatan Donggo NTB ini adalah bila warga dusun yang didakwahi memintanya rutin datang untuk memberikan kajian keislaman. Sayangnya sampai saat ini ia belum memiliki kendaraan sendiri. Motor kecil yang biasa ia gunakan merupakan pinjaman dari kakaknya. Sehingga terkadang ia waswas tatkala motornya tidak ada karena sedang digunakan sang kakak. Tak mau mengecewakan jamaah, honor yang kecil itu pun ia gunakan untuk menyewa motor.

rumah-rumah warga desa Mbawa

 

Ketika ditanya mengapa tidak memilih pekerjaan lain yang lebih menjanjikan dengan lantang ia pun menjawab. “Dakwah bagi saya adalah merupakan tugas yang sangat mulia,” tegasnya.  

Ia juga menyatakan sebetulnya tugas ini bukan hanya dibebankan kepada para mubaligh, da’i, ustadz dan semisalnya,  tugas dakwah adalah merupakana tugas kaum Muslimin secara umum. “Setiap Mukmin laki-laki dan perempuan sesungguhnya mempunyai kewajiban yang sama dalam mengemban dakwah Islam ini", bebernya.

Untuk mendukung dakwah di wilayah pegunungan Donggo, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin menyukseskan program Wakaf Khusus dengan mewakafkan motor New Supra GTR 150 kepada Ustadz Syarif Harun. Sehingga dakwahnya semakin lancar dan kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu tersampaikannya hidayah bagi sesama di pelosok Nusantara. Aamiin.[]

 

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp 38.700.000  (satu unit motor dakwah dan akomodasi)

 

Mitra Lapang:

Pak Muhtar Hamid

Terkadang Ustadz Syarif Tak Dapat Motor Pinjaman untuk Dakwah

Update: Dengan Motor dakwah, saya tidak perlu menunda agenda Dakwah!

Inilah kekuatan kaum muslimin dalam membantu saudaranya yang kesulitan dalam berdakwah, menyebar risalah ilahi di pelosok negeri. Ustadz Syarif harun, da’i Kecamatan Madapangga yang selama beberapa tahun ini kesulitan untuk memenuhi panggilan dakwah karena terbatasnya sarana tranportasi, alhamdulillah pada tanggal 20 Maret 2018 ini kesulitan tersebut In sya Allah sirna. Seiring dengan adanya motor dakwah yang telah dibeli dari hasil penggalangan dana wakaf untuk pengadaan motor dakwah ini dari umat Islam di Indonesia.

Tidak sampai sebulan, donasi wakaf yang dibutuhkan untuk pengadaan motor dakwah ini rampung! Sungguh besar kekuatan umat Islam jika bersatu. Dengan adanya motor dakwah di wilayah pegunungan doro oromboha (donggo) ini, Ustadz Syarif berharap dakwah yang dilakukannya semakin lancar, kuat dan berkembang khususnya di kecamatan Donggo Kab. Bima.

“Alhamdulillah saya senang dengan adanya motor dakwah ini, saya juga tidak perlu sewa-sewa motor lagi untuk dakwah.. dengan adanya motor dakwah ini in sya Allah memudahkan saya dalam berdakwah dan lebih efisien waktu.. jadi tidak harus hubungi sana sini lagi untuk sewa atau pinjam motor.. jadi jika ada panggilan dakwah saya bisa langsung menuju lokasi..”, ujar beliau saat acara serah terima Motor Dakwah Honda Supra, Type GTR 150 di Tolonggeru Desa Donggo Kec. Madapangga Kab. Bima NTB.  

“Saya sangat berterimakasih kepada BWA yang sudah mamfasilitasi saya dalam berdakwah di sini. Kepada seluruh wakif dimanapun berada saya ucapkan banyak terimakasih karena telah mewakafkan hartanya sehingga terwujud motor dakwah ini. Semoga dibalas dengan pahala yang besar disisi Allah.. aamiin..”, lanjut beliau dengan muka berseri.

Inilah bentuk solidaritas umat islam dalam membantu dakwah, wakaf berjama’ah mewujudkan Motor dakwah untuk Ustadz Syarif Harun menjadi bukti bahwa umat islam sangat kuat dan saling menguatkan.

Semoga harapan dan do’a kita semua terwujud, harapan bahwa dakwah semakin kuat dan berkembang di wilayah pegunungan Donggo, serta para wakif menikmati aliran pahala seiring dengan berputarnya roda motor dakwah ini untuk berdakwah menyampaikan Islam kepada umat di pelosok negeri. Aamiin..  

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.