Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Wakaf Sarana Air Bersih Doro Oromboha Tahap 2

Wilayah kaki gunung Doro Oromboha adalah daerah berbatu dengan lembah-lembah yang dalam dan terjal. Warga di daerah mengalami krisis air bersih, karena tidak terdapat sumber air kecuali menggambil dari sumber mata air yang berada di kaki gunung Doro Oromboha. Badan wakaf Al Qur’an membuat proyek wakaf sarana air bersih di wilayah kaki gunung Doro Oromboha ini yang meliputi 4 desa dan 1 dusun yakni desa Bumipajo, desa Ndano Na’e, desa Rora dan desa Madawau serta dusun Karaku.

 

Pembangunan tahap pertama yakni di desa Bumi Pajo telah selesai di kerjakan dan diresmikan pada 19 Oktober 2016 yang lalu. Pada tahap pertama, sekitar 500 KK telah terbantu dalam mengakses air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.


Pada tahap kedua ini akan dilakukan pembangunan sarana air bersih untuk dua desa sekaligus yakni desa Ndano Na’e yang berjumlah 300 KK dan desa Rora yang berjumlah sekitar 210 KK.

Desa Ndano ‘Nae merupakan desa yang dihimpit oleh dua lembah pegununungan yang terjal. Warga harus hati-hati menyusuri jalan setapak pinggir tebing untuk mengambil air di mata air yang berjarak sekitar 1,3 KM.

Selama ini warga sudah memanfaatkan mata air tersebut walau kecil dan jalan yang harus ditempuh sangat terjal dan berbahaya. Pihak desa juga bahkan sudah mengalokasikan dana untuk membangun sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Namun, belum berhasil memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga, karena debit mata air yang diambil sangat kecil.  

Rora kecil yang merupakan bagian dari Desa Rora merupakan dusun yang mengalami kesulitan air bersih, karena posisinya berada diujung paling atas dari wilayah desa Rora. Dusun ini berjumlah sekitar 50 KK, dimana setiap musim kemarau datang mereka harus turun ke bawah untuk mengambil air dengan jerigen yang berjarak sekitar 1,5 KM.

Gambaran Proyek

Rencana pembangunan wakaf sarana air bersih di desa ndano Na’e adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan Bak Desa berkapasitas 12 meter Kubik.
  2. Pipanisasai dari Dusun Pemukiman Desa Bumipajo ke bak desa Ndano Na’e dengan pipa HDPE 2 Inch yang berjarak 2500 meter
  3. Pembangunan dan perbaikan bak distribusi 4 unit dengan kapasitas 5 meter kubik
  4. Pipanisasi ke rumah warga.

Sedangkan untuk pembangunan sarana air bersih ke desa Rora akan difokuskan pada dusun Rora Kecil dan RW 04 desa Rora, direncanakan sebagai berikut:

  1. Pipanisasi dari dusun pemukiman ke dusun rora kecil dengan pipa HDPE 2 Inch sepanjang 3800 meter
  2. Pembangunan bak dusun rora kecil kapasitas 6000 liter
  3. Pipanisasi dari bak dusun ke rumah warga di dusun rora kecil
  4. Pipanisasi dari Rora Kecil Ke Rora Besar dengan pipa HDPE 2 Inch sepanjang 1500 Meter
  5. Perbaikan instalasi di pipanisasi di dusun rora besar.

 

Rencana Anggaran Biaya

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan wakaf sarana air bersih untuk proyek Doro Oromboha tahap 2 di desa Ndano Na’e dan Desa Rora ini adalah sebesar Rp.  1.671.200.000 (Satu Milyar Enam Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

Kami mengajak seluruh kaum muslim untuk mensukseskan pembangunan tahap kedua di desa Ndano Na’e dan desa Rora ini.

 

Partner Lapang

Bapak Muhtar

Wakaf Sarana Air Bersih Doro Oromboha Tahap 2

Update #2 Pipa Sudah Sampai

Update #2 Pipa Sudah Sampai

Pipa HDPE dan PVC sudah dikirim (20/10) dari Jakarta dan sampai di kaki gunung Doro Oromboha, Nusa Tenggara Barat (28/10).

Selanjutnya pipa ini akan di pakai untuk menyempurnakan pembangunan proyek Wakaf Sarana Air Bersih di desa Ndano Na'e dan Rora, dimana insya Allah pembangunan Tahap #2 ini akan dikerjakan dan diselesaikan dalam 2 bulan ini.

Mohon doa agar pengerjaan proyek ini lancar dan dimudahkan Allah SWT.

Pembangunan Bak Penampung


Menurunkan Pipa HDPE Bersama Masyarakat  

Update #1 Alhamdulillah, pembangunan Doro Oromboha tahap 2 selesai 30,13%

Pembangunan wakaf sarana air bersih di desa ndano na’e dan desa Rora yang merupakan bagian dari pembangunan tahap 2 dari project Doro Oromboha telah selesai dikerjakan 30,13%. Hal ini sesuai dengan laporan yang dibuat oleh Supervisor Project yakni bapak Trisilo Broto pada 2 Oktober 2017.

Proses pembangunan bak rora kecil

 

Pembangunan bak Ndano Na'e

 

Pembangunan telah dimulai sejak pertengahan September ini telah mengerjakan bak-bak di desa Ndano Na’e, Rora Kecil. Sedangkan bak yang sedang berlangsung dikerjakan adalah bak di Desa Rora RW 04, Bak depan Masjid Rora Kecil, Dusun Doroluwu dan juga bak desa Madawau.

“Pembangunan bak-bak ini dilakukan secara paralel sambil menunggu pipa HDPE datang dari Jakarta”, ujar pak Trisilo Broto. Pipa HDPE ini direnacakan selesai diprodusi pada pertengahan Oktober dan sampai di lokasi project pada pekan ketiga bulan Oktober 2017. Pipa HDPE ini merupakan pipa utama yang mengalirkan air bersih yang berasal dari kaki gunung Doro Oromboha.

Tahun 2016 yang lalu pembangunan tahap 1 telah selesai dikerjakan yakni di desa Bumipajo, yang Alhamdulillah sampai hari ini air mengalir lancar sampai ke warga yang dihuni oleh sekitar 500KK.

Pembangunan bak Desa Rora RW. 04

 

Pembangunan bak Desa Madawau

 

Targetnya pembangunan tahap 2 ini bisa merampungkan pekerjaan di desa Ndano Na’e dan Desa Rora sampai ke rumah-rumah warga. Untuk desa Madawau dan dusun Karaku distribusi air akan sampai pada bak-bak penampung air. Sedangkan distribusi sampai ke rumah direncanakan akan dilakukan pada pekerjaan pembangunan tahap ketiga.

Mohon do’a agar pembangunan tahap 2 ini dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan serta dapat selesai tepat waktu sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Kami senantiasa mengajak kaum muslimin untuk berwakaf dengan harta terbaik yang dimiliki, sebab inilah bekal yang akan kita bawa mati dan InsyaAllah menolong kita di Akhirat. InsyaAllah.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.