Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Produktif

Update #1 10 Perahu Ketinting Wakaf Anda Sudah Dimanfaatkan Masyarakat Adonara

Program Wakaf Produktif Pemberdayaan sejak awal berkomitmen mengusung project-project yang menyentuh pada kebutuhan pengembangan ekonomi di daerah terpencil dan merupakan hasil asesmen mendalam persoalan ekonomi masyarakat tertarget. Salah satu projectnya adalah 10 Perahu Ketinting untuk Warga Desa Sagu, Adonara. Project ini bertujuan mendukung pengembangan ekonomi masyarakat setempat yang memang mayoritas pekerjaan mereka adalah nelayan perahu ketinting.

Setelah bulan Agustus 2018 BWA dan PT. Jasindo meresmikan 4 perahu ketinting untuk segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Sagu, Adonara. Kini 6 perahu ketinting lainnya juga sudah dapat dimanfaatkan. Pada peresmian project yang dilaksanakan Kamis, 22 Nopember 2018, BWA mewakili para wakif menyerahkan seluruh kapal wakaf tersebut. Adapun penerima barang wakaf yang diserahkan kepada nelayan Desa Sagu, yang diwakili oleh nazir wakaf Ustadz Arifudin Anwar, Pimpinan Ponpes Ikhwatul Muslimin berupa : 10 Unit Perahu Ketinting, yakni 4 unit beserta perlengkapan tangkap ikannya merupakan bantuan dari PT. Jasindo, 5 unit lainnya merupakan bantuan dari PT. Bank CIMB Niaga Syariah, dan 1 Unit lagi merupakan bantuan dari PT. Bank Permata Syariah.

4 Perahu ketinting yang sebelumnya sudah lebih dulu diserahterimakan, bahkan ada yang sudah sampai berlayar ke Maumere untuk mencari ikan. Menurut Pak Berani, salah satu penerima manfaat yang berlayar mencari ikan sampai ke Maumere tersebut, beliau hanya membutuhkan waktu 7 jam saja sampai ke Maumere dengan menggunakan perahu ketinting wakaf tersebut. Jauh lebih cepat daripada perahu ketinting biasa yang bisa mencapai 9-12 jam untuk sampai ke Maumere.

Rencananya, 10 ketinting tersebut akan dikelola oleh nazir wakaf Ust. Arifudin Anwar untuk kemaslahatan masyarakat Adonara dan mendukung pengembangan dan pembangunan pesantren Ikhwatul Mukminin, Adonara. Betapa terus mengalir pahala kepada para wakif perahu Ketinting ini. Semoga Alloh subhaanahu wa ta’ala menerima seluruh amal wakaf para wakif sekalian.

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 959.000.000


40.95%
butuh Rp. 566.300.000,- lagi
  • Paket Donasi @ Rp 115.000

PROJECT LAIN