Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Project Home

update #4 Mesin Desalinasi sudah siap dikirim ke pulau Madu

Mesin desalinasi yang dibeli memiliki kapasitas 2000 liter/jam. Dengan tingkat filterisasi minimal 92% dari TDS (Total Dissolve Solid) awal air baku.

Pada saat percobaan mesin yang dilakukan di bandung, air dengan TDS 3600 ppm berhasil difilter dengan TDS 116ppm.

Berdasarkan peraturan dinas kesehatan republik Indonesia, air layak minum adalah air dengan TDS maksimal 500 ppm. Mengacu pada standar ini, maka air yang berhasil difilter dengan alat ini layak konsumsi.

Air baku yang akan difilter di pulau mau memiliki TDS sekitar 4000ppm, dengan perhitungan yang sama maka diperkirakan akan dihasilkan air dengan TDS sekitar 92 ppm.

Alhamdulillah pada tahun ini, proyek ini selesai dikerjakan. Mesin desalinasi telah dipesan dan saat ini sudah berada di kapal Armada bahari mulya yang akan berangkat berlayar menuju pulau madu.

Dengan rampungnya mesin desalinasi ini, proyek pulau madu telah selai dikerjakan 50%, menyisakan pengiriman ke pulau madu mengarungi laut dan juga set up mesin di lokasi.

 

Rencana Peresmian

Rencananya presmian wakaf sarana air bersih ini diresmikan pada bulan mei 2017 ini, direncakan sebelum bulan Ramadhan 1438 H, wakaf sarana air bersih ini sudah bisa dioperasikan dan diresmikan untuk digunakan oleh warga pulau madu.

Wakaf sarana air bersih ini akan dikelola oleh Nadzir wakaf yang sudah ditunjuk oleh BWA yakni pak Geno yang saat ini kebetulan menjabat sebagai kepala desa. Pak Geno akan memberikan laporan penggunaan wakaf sarana air bersih ini berupa mesin desalinasi dan perlengkapan lainnya agar bisa bertahan lama.

Pulau madu merupakan salah satu pulau yang menjadi daerah binaan Ustadz Arifudin Anwar yang memiliki pesantren yatim dan dhuafa di pulau adonara flores timur NTT. Beliau juga akan membantu melakukan monitoring secara berkala, rencananya setiap 4 bulan sekali beliau akan ke pulau madu. Untuk melihat pemanfaatan wakaf sarana air bersih di pulau Madu ini.

Live Chat
Hide Chat