Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Update # 3. Pompa Submersible Sudah Terpasang

Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan para wakif pengeboran air di Masjid Al Husna, Dusun Tamansatriyan, Desa Tamansatriyan, Kecamatan Tirtoyudho, Kabupaten Malang telah selesai pada Ahad 7 Oktober 2018. Esok harinya, tim Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) meninjau lokasi pengeboran untuk bersama menyaksikan penurunan casing pipa sumur. Sebanyak 30 batang pipa dimasukan ke dalam sumur yang telah dibor selama 1 bulan ini lalu dilanjutkan dengan pembersihan sumur dari lumpur. Dan terakhir adalah pemasangan pipa galvanis dan pompa submersible.

WAFP Malang

(Proses pemasangan pipa ke dalam sumur bor)

Identifikasi awal dari hasil pengeboran sumur ini permukaan air mulai di kedalaman 45 m, namun estimasi dari kontraktor pengebor Effendi, setelah dilakukan tes penggunaan pompa (pumping test) nanti permukaan air bisa menurun hingga di kedalaman 55 m. Dengan estimasi debit air 2-3 liter/detik. Debit ini tentunya sangat cukup untuk dimanfaatkan oleh santri dan jamaah Masjid Al-Husna serta masyarakat di sekitar masjid.

WAFP Malang

(Proses membersihkan lumpur dalam sumur)

Tim BWA kemudian berkoordinasi dengan PLN Dampit untuk penginstalan listrik 3 Phase di lokasi pondok.  Pada Kamis 11 Oktober, teknisi dari PLN Dampit meninjau skema instalasi listrik di lokasi. Instalasi ini mendapat bantuan dari PLN berupa potongan biaya 50% dan tagihan per kwh mengikuti tarif sosial PLN.

BWA juga mengurus keperluan Sertifikat Layak Operasi (SLO) di PT Mulia Elektrikal Mekanikal Malang sebagai salah satu syarat penginstalan listrik. Rencananya setelah administrasi ini selesai akan dilakukan tes penggunaan pompa untuk membersihkan air hingga jernih dan melihat debit riil air di sumur.

Selain aspek teknis, tim BWA juga melakukan social assessment di Dusun Tamansatriyan. Tujuannya adalah memberi penyuluhan kepada warga masyarakat tentang pengelolaan dan pemeliharaan wakaf sarana air bersih dari kaum Muslimin yang digalang BWA. Berkoordinasi dengan takmir masjid, ketua RT dan aparatur desa setempat sehingga pembangunan wakaf sarana air bersih ini bisa berjalan dengan lancar.

Pembangunan wakaf sarana air bersih tahap 1 ini masih menyisakan pembangunan bak air beton di Masjid Al-Husna yang rencananya akan dibangun pada akhir Oktober ini. BWA ucapkan jazakumullah ahsanul jaza kepada para wakif yang telah berkontribusi. Dan bagi anda yang belum ikut dalam proyek wakaf ini mari bersama kami membantu saudara-saudara kita di Desa Tamansatriyan. Semoga Allah melapangkan rizki dan memberi pahala yang terus mengalir.[]