Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al Quran & Pembinaan

Pulau Terpencil dan Pelosok di Sulawesi Selatan Butuh Al-Qur’an

Pulau Terpencil dan Pelosok di Sulawesi Selatan Butuh Al-Qur’an

Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0°12' - 8° Lintang Selatan dan 116°48' - 122°36' Bujur Timur. Luas wilayahnya 45.764,53 km². Berdasarkan data sensus tahun 2010, jumlah penduduk Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 8.034.776 jiwa, dan penduduk terbesar di Provinsi ini berada di Kota Makassar. Adapun Provinsi ini terdiri dari 21 Kabupaten dan 3 kota. Dengan rata-rata jumlah pemeluk agama islamnya sebanyak 7.200.938 jiwa.

(Warga Sulawesi Selatan Membutuhkan Al-Qur'an)

(Warga Pelosok Sulawesi Selatan Membutuhkan Al-Qur'an)

Tahapan BWA masuk ke Masyarakat

Senin 13 Juli 2020, banjir bandang yang terjadi di Masamba, Luwu Utara masih menyisakan luka yang dalam. Akibat dari bencana tersebut berdasarkan laporan BPBD setempat, sebanyak 156 KK (655 jiwa) mengungsi dan 4.202 KK (15.994 Jiwa) terdampak.

Beberapa hari pasca bencana banjir team BWA mendistribusikan logistik kepada masyarakat yang terdampak sekaligus melaksanakan trauma healing atau recovery mental. Hal ini ditujukan terutama kepada adik-adik generasi muda agar tidak meninggalkan rasa traumatik yang mendalam.

Dampak dari banjir selain material bangunan yang rusak, rusaknya fasilitas kesehatan, tempat sekolah pesantren juga berdampak pada tempat ibadah seperti musholla dan masjid. Lantas bagaimana kondisi Al-Quran pasca banjir? sedangkan di masamba ini mayoritas beragama islam?

(Distribusi Al-Qur'an di Wilayah Bencana Banjir Masamba)

(Distribusi Al-Qur'an di Wilayah Bencana Banjir Masamba)

Selama kegiatan mental recovery yang dilaksanakan oleh team, kebutuhan Al-Qur’an menjadi kebutuhan dasar yang harus di miliki untuk menguatkan akidah. Al-Qur’an bisa menjadi benteng penjaga akidah dan menjadi renungan atas musibah yang terjadi.

Alhamdulillah kita masih diberikan waktu untuk menjalankan kehidupan dunia. Kita berharap kehidupan ini menghantarkan keselamatan akhirat. Kunci keselamatan dan kesuksesan itu ISLAM. Islam itu kunci pembuka kebaikan dan penutup keburukan.

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah, 2:153).

Tahapan BWA masuk ke Masyarakat di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Selain kegiatan pasca bencana di Masamba, pada 15 Mei 2017 lalu team BWA juga telah merealisasikan sebanyak 5.000 eksemplar Al-Quran wakaf di Kepulauan Selayar. Tentunya dalam waktu 3 tahun berlalu banyak Al-Quran wakaf BWA yang kondisinya sudah rusak.

(Distribusi Al-Qur'an BWA di Selayar, 2017)

(Distribusi Al-Qur'an BWA di Selayar, 2017)

Kepulauan selayar ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten Kepulauan Selayar adalah Kota Benteng. Kabupaten ini memiliki luas sebesar 10.503,69 km² (wilayah daratan dan lautan) dan berpenduduk sebanyak 123.283 jiwa.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh saudara muslim di pulau-pulau terpencil di Kepulauan Selayar adalah langkanya Al-Qur’an. Mereka harus menyebrang pulau menuju ibukota kabupaten untuk mendapatkannya dengan biaya yang tidak murah, belum termasuk harga Al-Qur’an yang harus dibeli.

(Warga Pulau Terpencil Selayar Susah Mendapatkan Qur'an)

(Kebahagiaan Nampak Terpancar dari Mereka yang Merindukan Qur'an)

“Inilah alasan penyebab Al-Qur’an di pulau-pulau terpencil sangat sulit dicari, walaupun ada itu sudah tidak utuh,” ungkap Ustadz Arifuddin Anwar, partner lapangan Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA).

Kebutuhan Al-Qur’an menjadi sangat urgent karena di daerah kota kabupaten jarang toko yang menjual Al-Qur’an karena bukan komoditas yang cepat laku terjual, padahal para pedagang ingin barang dagangannya cepat terjual. Sehingga menjual Al-Qur’an bukan pilihan yang pas untuk berdagang.

Sulitnya akses ke pulau terpencil menjadikan daerah mereka rawan aqidah dan pendidikan sehingga diperlukan support peningkatan kualitas pendidikan dan juga pembinaan untuk menjaga aqidah warga di pulau terpencil.

Insyaallah dengan adanya project Al-Qur’an Road Trip Sulawesi Selatan ini, BWA akan menggalang wakaf Al-Qur’an dari kaum Muslimin sebanyak 100.000 eksemplar Al-Quran. Semoga Al-Qur’an yang mereka baca akan mengalirkan pahala jariyah kepada Anda hingga hari kiamat, Aamiin.

 

Nilai Wakaf yang Diperlukan:

Rp.10.000.000.000 (100.000 Eksemplar Al-Qur'an @Rp 100.000)

Partner Lapangan:

Ustadz Satria

 

#BWA #WakafQuran #Al-Qur’anRoadTrip #2021SejutaQuran SatukanIndonesia

Pulau Terpencil dan Pelosok di Sulawesi Selatan Butuh Al-Qur’an

Update#1: Jelang Ramadhan Warga Sulawesi Selatan Gembira Mendapatkan 10 Ribu Al Qur'an Wakaf

https://www.suara.com/pressrelease/2021/04/16/014702/jelang-ramadhan-warga-sulawesi-selatan-gembira-dapat-wakaf-alquran

Suara.com - Jelang Ramadhan 1442 H, Badan Wakaf Alquran (BWA) menyalurkan 10 ribu Alquran ke Sulawesi Selatan. Pendistribusian ini berlangsung dari 8 hingga 12 April 2021.

Wilayah yang menjadi target untuk penyalurkan Alquran ini hampir merata di seluruh wilayah Sulawesi Selatan bahkan hingga ke pelosok. Lokasinya meliputi Kabupaten Tana Toraja, Gowa Malino, Pangkep, Luwu Utara, kota Palopo, Makasar, Enrekang, Maros, Bone, Pare Pare dan Pinrang.

"Distribusi kali ini adalah 10 ribu awal dari total 100 ribu Alquran Wakaf untuk Sulawesi Selatan. Alhamdulillah distribusi pertama berjalan dengan baik dan masih banyak pelosok Sulawesi Selatan ini yang membutuhkan Alquran Wakaf dan harus segera diwujudkan kebutuhan ini," ujar Marten Sakaria, pimpinan BWA Sulawesi Selatan mengatakan, seperti dalam rilis yang diterima Suara.com.

Untuk mendistribusikan 10 ribu Alquran, BWA bekerja sama dengan melibatkan beberapa komunitas seperti BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) dan Rohis Muhammadiah.

"Dukungan dari komunitas dan tokoh masyarakat lokal kepada aktivitas sangat baik, sehingga distribusi bisa berjalan dengan lancar, di antaranya remaja masjid, aparat desa, kecamatan, dan komunitas lokal," kata Ketua FLP Gowa dan relawan BWA cabang Makasar, Ika Rini.

Penasihat Walikota bagian keumatan dan Ketua Ikatan Pesantren SulSel, Ustaz Iqbal Djalil, dan ketua Wahdah Islamiyah Tamaona, Ustaz Abu Faris berharap rencana BWA untuk 100 ribu Alquran Wakaf untuk SulSel bisa segera terwujud.

"Semoga 10 ribu Alquran Wakaf ini menjadi semangat baru bagi kaum muslimin di Sulawesi Selatan. Alhamdulillah energi kegembiraan dari masyarakat yang terlibat sangat terasa," tutur Ustaz Satria, BWA cabang Makasar.

"Masih ada 90 ribu Alquran Wakaf untuk Sulawesi Selatan, BWA mengajak kaum muslimin untuk mendukung aktivitas baik ini, untuk melihat lebih detail kegiatan wakaf BWA," katanya menambahkan.

“Masih ada 90 ribu AlQuran Wakaf untuk Sulawesi Selatan, BWA mengajak kaum muslimin untukmendukung aktifitas baik ini, untuk melihat lebih detail kegiatan wakaf BWA, bisa mengunjungi ww.BWA.id atau www.wakafquran.org”tutupnya.

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 10.000.000.000



0.94%
Butuh Rp 9.905.674.900,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.