Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Rumah Binaan (RUBIN), Mencetak Generasi Muda Islami

(Sedekah adalah ibadah yang akan dilakukan oleh seorang mayit jika dia bisa hidup kembali)

BWA-Indonesia Belajar. Rumah Binaan (RUBIN) adalah sebuah konsep unik untuk membina mahasiswa muslim ditempat kost mereka.   Salah satunya adalah Rubin “Umar bin Khattab” di Bandung, digunakan untuk membina mahasiswa muslim yang sedang kuliah di UNIKOM, Bandung.  Tujuan diadakannya Rubin ini berangkat dari keprihatinan banyak pihak terhadap pergaulan mahasiswa yang rawan terlibat dalam pergaulan bebas.  Rubin ini sekaligus merangkap sebagai tempat kost mahasiswa, mampu menampung sampai 10 orang. 

diskusi mahasiswa

(Suasana diskusi mahasiswa di rubin Umar bin Khattab)

Salah seorang pemetik manfaat dari Rubin Umar bin Khattab adalah Wihardodo (24th), yang biasa dipanggil Dodo.  Dodo menceritakan bahwa dirinya dapat membaca Al Qur’an adalah ketika masuk Rubin, selain karena teman-teman serumah yang mendorongnya untuk semangat belajar baca Al Qur’an, materi-materi pembinaan yang di dapatkan selama tinggal di Rubin ini menyadarkan ia akan pentingnya memahami Islam lebih banyak lagi.

Ibu Anisah orang tua Dodo juga terharu, semenjak anaknya tinggal di rumah binaan (rubin) Umar bin Khattab selama kuliah di Bandung, putra pertamanya berubah menjadi anak yang lebih sholeh.  Menurutnya, Dodo bersikap lebih dewasa bahkan tak segan menegur kami dengan lemah lembut manakala kami melakukan pelanggaran terhadap Syariat Islam. Contohnya waktu itu Ibu Anisah pernah diingatkan dosa riba karena terlibat peminjaman di bank.

Namun  rumah binaan Umar bin Khattab yang banyak manfaatnya itu terancam ditutup karena tak mampu bayar sewa. Dodo selaku ketua Rubin Umar bin Khattab, juga merupakan anggota BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus), bertekad akan terus memperjuangkan agar Rubin ini tetap ada. Rubin inilah yang telah menjadikannya pandai membaca al quran, cukup banyak memahami islam dan menjaganya dari pergaulan bebas yang  kian marak. Begitu juga teman-teman Dodo merasakan manfaat yang sama.

Badan Wakaf Al Quran (BWA) mengajak seluruh kaum muslim untuk membantu Rubin Umar bin Khattab agar tetap ada, sebagai tempat penyebaran ajaran islam dan tempat membina generasi islam yang berakhlakul karimah. Dan semoga keberadaan Rubin ini menjadi wasilah turunnya hidayah kepada saudara muslim yang lain. 

Demi Allah, seandainya Allah memberi petunjuk kepada seseorang lantaran ajakanmu maka itu lebih baik bagimu dari pada seekor unta merah” (HR. Bukhari no. 2942 dan Muslim no. 2406, dari Sahl bin Sa’ad)

Partner Lapang

Mashun Sofyan

Donasi yang dibutuhkan : Rp. 25.700.000,- (Untuk biaya sewa rubin satu tahun) 

-------

*Disclaimer: jika ada kelebihan dari hasil penggalangan dana ini, akan digunkan untuk membiayai project yang sejenis.

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.