Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Saat Musibah Datang, Ikhlas dan Sabar Adalah Ikhtiar Terbaik

Zulhana (37th) ibu muda beranak dua ini harus membanting tulang demi bisa menghidupi keluarga. Pasalnya sang suami Fahmi Yunus ( 42th) yang menikahinya sejak 15 tahun lalu menderita gagal ginjal kronis dan harus menjalani cuci darah, sehingga tidak bisa banyak membantu ekonomi keluarga. Walau begitu dia berusaha ikhlas dan sabar menghadapi ini semua dan memasrahkannya hanya kepada Allah SWT.

Fahmi Yunus, jelang berangkat ke RS akan melakukan cuci darah.

Kejadian berawal sekitar januari 2010 ketika Fahmi Yunus sering mengeluhkan sakit di kepala, efek dari hipertensi yang dideritanya. Bukannya ke dokter, Fahmi lebih senang memakan obat-obatan warung. Hingga akhirnya Juni 2010 barulah Fahmi periksakan penyakitnya ke dua klinik di Cimanggis dan di Pamulang. Diagnosa kedua klinik itu berbeda, klinik Cimanggis mengatakan penyakit bocor jantung, sedangkan klinik Pamulang menyatakan sakit lambung.

Penasaran dan ragu hasil dari kedua klinik berbeda, akhirnya Zulhana membawa suami ke Rumah Sakit di daerah Bintaro. Kaget dan tidak percaya ketika pihak RS mengatakan suami ibu harus cuci darah, karena kedua ginjalnya menciut dan sudah tidak berfungsi lagi.

Sejak itulah Zulhana harus menjalani kehidupan yang berbeda dari sebelumnya, yakni menjadi tulang punggung keluarga karena kesehatan suami yang tidak memungkinkan bekerja berat lagi.  

Beruntung keahlian membordir yang dimiliki Zulhana sejak masih muda dulu sangat membantunya. Banyak penjahit sekitar rumahnya sering meminta bantuan Zulhana untuk membordir jahitannya. “Hasilnya lumayan lah mas untuk bisa bertahan hidup di Jakarta, walau terkadang saya harus ngutang ke tetangga demi menutupi kebutuhan hidup lainnya.” cerita Zulhana

Fahmi biasa pulang pergi naik motor sendiri bila hendak cuci darah, dua kali seminggu. Waktu tempuh dari rumahnya di gang HS, Pamulang Barat, Tangerang Selatan ke klinik tempat cuci darah sekitar 2 jam. “Suami saya terpaksa naik motor sendiri, karena saya harus membordir untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Tega gak tega,  ya...harus gimana lagi mas”. Ungkap Zulhana sambil menahan air mata.

Selama ini biaya cuci darah ditanggung pemerintah melalui KJS. Namun obat-obatan, pemeriksaan laboratorium, transfusi darah (jika HB rendah) ditanggung oleh pasien. Jumlahnya cukup besar, sekali tebus obat-obatan bisa mencapai 300 ribu. Biaya inilah yang sering dikeluhkan kebanyakan keluarga pasien cuci darah termasuk ibu Zulhana dan Fahmi.

 

Donasi Yang Dibutuhkan

1. Operasi Cimino baru. Rp. 6.000.000,-

2. Biaya obat-obatan selama 6 bulan : Rp. 4.000.000

Total Donasi Yang Dibutuhkan Rp. 10.000.000,-

 

Partner Lapang:

Alimudin Baharsyah

Saat Musibah Datang, Ikhlas dan Sabar Adalah Ikhtiar Terbaik

Update #1 Setelah Operasi Cimino, Fahmi tidak Merasa Nyeri Lagi

Kini Fahmi Yunus (42 tahun) tidak lagi harus menahan nyeri yang sangat di pangkal paha saat menjalani cuci darah. Lantaran operasi cimino yang dijalaninya pada Rabu (18/12/2013) berhasil. Sebelumnya Fahmi kerap menahan nyeri ketika akses keluar masuk darah melalui jarum yang ditusukan pada pangkal paha.

Operasi Cimino adalah operasi yang dilakukan untuk menanam ?keran permanen? (cimino) di salah satu tangan untuk memudahkan akses keluar masuknya darah ketika proses cuci darah (hemodialisa) berlangsung. Operasi ini dilakukan karena Fahmi sudah mengalami gagal ginjal kronis yang harus menjalani cuci darah minimal sepekan dua kali seumur hidup.

Operasi cimino Fahmi dilakukan di salah satu rumah sakit di daerah Cikini, Jakarta. Kini Fahmi tidak harus merasa kesakitan lagi saat menjalani proses hemodialisa.

?

?Mas Ali, Alhamdulilah cimino suami saya sudah bisa dipakai, sekarang cuci darah sudah bisa sambil duduk, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,? ungkap sang istri Zulhana (37 tahun) kepada tim Badan Wakaf Al-Quran (BWA) Alimuddin Baharsyah.

Zulhana beserta keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu. ?Semoga Allah menambah rezeki dan pahalanya dilipat gandakan, aamiin,? doa Zulhana.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.