Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Water Action for People

Sarana Air Bersih | dusun Trono, desa Krinjing, Magelang, Jawa Tengah

Bencana letusan Merapi menimbulkan kerusakan infrastruktur yang luas, kesulitan hidup akibat kerusakan infrastruktur ini semakin terasa saat pengungsi kembali ke desa masing-masing. Rumah, jalan desa dan sarana air bersih yang rusak membutuhkan tindakan rehabilitasi dan rekronstruksi.

Sarana air bersih termasuk salah satu kebutuhan pokok yang harus tersedia dalam sebuah masyarakat, sementara biaya untuk membangunnya tidaklah sedikit.  Padahal masing-masing individu warga pun harus mengeluarkan biaya pribadi bagi perbaikan rumah mereka atau sarana kehidupan lainnya.

Disinilah peranan penting wakaf dari kaum muslimin untuk membantu mengembalikan kehidupan masyarakat desa yang terkena bencana, agar kehidupan mereka dapat berjalan normal seperti sedia kala.

Tujuan Project

Membantu penduduk yang sudah kembali  ke desa mendapatkan akses terhadap air bersih, sehingga dapat menjalani kehidupan normalnya kembali.

Bentuk Project

Rehabilitasi sarana air bersih di dusun Trono, desa Krinjing, Kec. Dukun, Magelang sebagai berikut :

  • Pembangunan bak penampungan mata air (Bak I), bak pembagi utama dusun (Bak II), bak pembagi RT (Bak III)dan pipanisasi .
  • Mengingat posisi mata air yang berada 1.5 km dari desa maka dibuat pipanisasi dari bak penampung mata air ke Bak Pembagi Utama Dusun yang kemudian di salurkan untuk mengisi bak pembagi RT sebanyak 5 unit.
  • Dari bak pembagi RT dialirkan ke bak pembagi rumah, 1 bak untuk setiap 5 - 8 rumah. Mengingat jumlah penduduk dusun Trono sekitar 100 kk, maka dibutuhkan 15 - 20 bak pembagi rumah.
  • Pemeliharaan pipa, bak pembagi utama, bak pembagi RT dan rumah dilakukan oleh warga secara bergotong royong, dikoordinir oleh pengurus dusun dan pengurus mushola sebagai Nadzir Wakaf.

Wakaf Yang Dibutuhkan

Rp.240.555.000,- (dua ratus empat puluh juta lima ratus lima puluh lima ribu rupiah)

Partner Lapang

Ust. Yogi W. Apqori |Chalif

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.