Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Sarmi, Pengumpul Daun Kering yang Ingin Pelihara Kambing

BWA-ZPP. Untuk menambah penghasilannya, Sarmi (35 tahun) ingin sekali memelihara kambing kecil untuk digemukkan. Lantaran penghasilannya selama ini sebagia pengumpul daun jati kering sangatlah minim.

Sarmi

Sarmi Sedang Mengumpulkan daun Kering untuk di jual bersama anaknya.

Setiap hari Sarmi memunguti daun jati kering yang berserakan di belakang rumahnya. Hal itu dilakukan sejak kepergian suaminya, tiga tahun lalu. Setiaphari,ibu muda ini dapat mengumpulkan dedaunan yang berguguran itu hingga 3 Kg,untuk kemudian dijualnya ke pengepul dengan harga Rp 1.500,- per kilogramnya.

Sarmi adalah warga Desa Watu Agung, Tambak, Banyumas, Jawa Tengah.Dia tinggal bersama satu orang anak perempuannya Retnasati (8 th) yang saat ini duduk dibangku kelas 2 sekolah dasar.

Sarmi

Tampak Sarmi bersama anaknya berdiri di depan Rumahnya.

Namun, kemiskinan tidak menghilangkan jiwa sosilnya terhadap sesama. Meski penghasilannya tidak sampai Rp 5.000,- perhari, ia tetap dapat menyumbang iuran di RT nya. “Sikap inilah yang membuatbanyak orang Simpati terhadapnya.

Tak jarang warga sekitar membantu Sarmi memenuhi kebutuhan pokoknya. Walau hanya satu atau dua liter beras,” ungkap Ibu Sarmidi, istri Ketua RT setempat.

Untuk menambah penghasilannya, ia mempunyai impian memelihara kambing. Sarmi memilih ternak kambing karena posisi rumahnya berdekatan dengan hutan yang masih banyak rumput, sehingga memudahkannya mencari makana untuk kambing tersebut.

Pemeliharaan kambing hanya untuk penggemukan saja. Setelah kambing itu besar, Sarmi akan menjualnya ke tengkulak.“Uang hasil jual kambing itu nanti dibelikan lagi kambing muda kemudian dijual lagi, Begituseterusnya,” ungkapnya kepada Nonong Sulaeman, partner lapang Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA).

BWAmelalui program ZakatPeer to Peer mengajak kaum Muslimin mendonasikan sebagian hartanya untuk membantu mewujudkan impian Sarmi demi menambah penghasilan keluarganya. Rencananya, BWA akan membelikan tiga ekor kambing.[]

Donasi yang dibutuhkan:

Rp. 4.500.000,-(untuk pembelian tiga ekor kambing).

Partner lapang:

Nonong Sulaeman

Sarmi, Pengumpul Daun Kering yang Ingin Pelihara Kambing

Update # 1 : Melalui Program ZPP BWA, Sarmi Peroleh Tiga Ekor Kambing

Dengan wajah berseri-seri, pengumpul daun jati kering Sarmi (35 tahun) menerima tiga ekor kambing dan satu kandang. “Saya akan memeliharanya dengan baik supaya bisa bermanfaat buat tetangga dan bisa dipelihara bersama jika sudah beranak pinak nantinya,” ungkapnya, Rabu (28/5) di rumahnya, Karang Dadap, Desa Watu Agung, Tambak, Banyumas, Jawa Tengah.

Kambing dan kandang yang diserahkan partner lapang Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) Nonong Sulaeman tersebut berasal dari dana zakat harta kaum Muslimin yang dihimpun dalam program Zakat Peer to Peer (ZPtP).

Sarmi

Tampak sarmi sedang mengurusi kambingnya dan di bantu para warga sekitar.

Rencananya, ketiga ekor kambing akan dipelihara janda dengan satu anak yang masih berusia 8 tahun ini, supaya beranak pinak kemudian dijual sebagian untuk menambah penghasilannya. Ia juga berharap, tetangganya yang juga kurang mampu, mendapatkan peliharaan kambing untuk meningkatkan penghasilan mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Sarmi pun mendoakan semua pihak yang telah membantu hingga dirinya mendapatkan kambing dan kandang. “Semoga Allah membalasnya dengan pahala dan Dia-lah yang bisa membalas segala kebaikan,” doanya.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.