Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

SDIT di Rangkasbitung Timur Butuh Fasilitas Pendidikan yang Layak

SDIT di Rangkasbitung Timur Butuh Fasilitas Pendidikan yang Layak

Tiga tahun lalu, tepatnya 2019, berdirilah  SDIT di Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. SDIT ini berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat yang merindukan hadirnya lembaga pendidikan dengan mengutamakan nilai-nilai Islam.

Sekolah ini memberikan anak-anak pelajaran agama, seperti belajar membaca Al Quran dengan standar kaidah tajwid yang benar. Para guru dan pembimbing menggunakan metode Qiroaty yang bersanad. Selain itu juga ada latihan  kepribadian Islam, sembari mengajak anak mempelajari kurikulum dari Dinas Pendidikan dengan disisipkan nilai-nilai Al Quran di dalam materi pembelajarannya.

(SDIT Rangkasbitung)

Dari awal, pendirian SDIT Rangkasbitung penuh dengan perjuangan. Gedung sekolah diperoleh dengan menyewa bangunan lama. Masa pakai berlaku untuk tiga tahun. Fasilitas sekolah sangat minim, hanya menyediakan tiga ruang kelas, satu ruang adminsitrasi, satu ruang tamu, dan sebuah gudang kecil, ditambah dengan toilet khusus perempuan. Sementara toilet anak lelaki menumpang pada mushola milik masyarakat.

Di sekolah tidak terdapat perpustakaan, area bermain, maupun ruang ibadah yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pendidikan. Pengurus sekolah belum mampu memberikan fasilitas yang lebih baik, karena keterbatasan dana. Pemasukan sekolah tidak bisa diandalkan, sebab banyak menampung anak-anak dari keluarga ekonomi menengah dan rendah. Sebagian siswa yang termasuk dalam kategori anak yatim dan dhuafa, mendapat keringanan tidak membayar uang sekolah.

Seiring berjalannya waktu, kondisi sekolah semakin memprihatinkan. Ketika sewa bangunan sekolah harus diperpanjang, pengurus justru berhadapan dengan keluhan-keluhan fasilitas yang mulai rusak. Atap-atap bocor. Ruangan kelas terlihat rapuh seakan-akan hendak rubuh.

(Atap Plafon Kelas Banyak yang Sudah Rusak)

Pendiri sekolah, Ustadz Ahmad Latif, M.E.I, memikirkan cara untuk mencari alternatif penyediaan sarana dan prasarana sekolah yang layak bagi murid-murid. Tanggungan yang dihadapi cukup besar. Bukan hanya memikirkan biaya untuk merenovasi bagian yang rusak, melainkan juga harus menyiapkan tambahan ruang kelas. Sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, sementara semua lokal sudah penuh dengan murid-murid lama.

Diperkirakan untuk bisa memberikan fasilitas pendidikan yang ideal atau memadai layaknya sebuah sekolah formal, SDIT Rangkasbitung membutuhkan area lahan dan bangunan seluas 1.200 meter persegi. Dengan luasan ini diharapkan tersedia fasilitas pokok seperti perpustakaan, area bermain, tempat ibadah dan fasilitas sanitasi. Kebutuhan terhadap fasilitas-fasilitas ini sudah mendesak, karena menyangkut keamanan dan kenyamanan anak-anak selama belajar. 

(Kegiatan Belajar Para Siswa)

Bila dihadapi sendiri, tentulah biaya yang ditanggung begitu besar. Tapi bila dihadapi beramai-ramai, beban berat akan dapat terurai. Karena itulah BWA mengajak para wakif untuk bersama-sama mengulurkan tangan membantu pembangunan gedung sekolah SDIT Rangkasbitung, Desa Rangkasbitung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, hingga berdiri gedung sekolah yang layak pendidikan bagi anak-anak di wilayah tersebut pada umumnya.

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran sehingga harapan ini terlaksana. Dan semoga pula, Allah SWT membalasi kebaikan para wakif dengan curahan rahmat berlipat ganda.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.4.109.609.231

Partner Lapangan:

Eka Kurniawan

 

#BWA #InovasiWakaf #WKD #WakafSaranaPendidikan

 

SDIT di Rangkasbitung Timur Butuh Fasilitas Pendidikan yang Layak

Update #1: Percepat Pembangunan Menghadapi Tahun Ajaran Baru, Meski Bertahap

Per juli 2022 ini semua lembaga pendidikan dasar dan menengah memasuki Tahun Pelajaran (Tapel) baru TP 2022/2023. Murid baru pun berdatangan, tak terkecuali di SD Islam Terpadu di Rangkasbitung Timur ini. Sejumlah 15 anak resmi terdaftar sebagai murid baru. Namun, ruang kelas belum mencukupi untuk bisa digunakan oleh murid baru kelas 1.

Saat ini terdapat 5 kelas, sementara ruang kelas yang tersedia di gedung yang sekarang ditempati dengan status sewa ini hanya menyisakan 3 ruang kelas dan 2 ruang administrasi, sehingga murid baru belum memiliki ruang kelas untuk belajar.

(Memanfaatkan Mushola Komplek Untuk Tempat Belajar)

(Dengan Keterbatasan Ruang dan Sarana, Tidak Mengurangi Kreatifitas Para Guru untuk Memberikan Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan)

Agar segera tersedia gedung yang memadai untuk sarana pendidikan, maka para pengelola berikhtiyar untuk memulai pembangunan dengan kemampuan yang ada. Dimulai dari persiapan lahan yang diperoleh secara bertahap dan alhamdulillah pemilik lahan mempersilahkan untuk segera dimanfaatkan terlebih dahulu meski proses transaksi pembebasan lahannya belum selesai sepenuhnya.

(Para Pengelola Sekolah dalam Persiapan Land Clearing Di Lokasi Gedung Baru)

Setelah proses pembersihan dan perataan lahan, gedung yang rencananya akan didahulukan adalah masjid dan ruang kelas yang saat ini juga dimulai pekerjaan konstruksi, dimana harapannya di semester awal Tahun Pelajaran baru ini ruang kelas dan masjid telah siap digunakan.

(Pekerjaan Konstruksi Ruang Kelas, Untuk 5 Ruang Kelas dan 2 Ruang Kantor)

(Pekerjaan Konstruksi Masjid Untuk Pembinaan Ibadah dan Belajar Al Quran Para Murid)

Pembangunan sarana pendidikan ini mendesak untuk segera dirampungkan karena para murid tidak bisa berlama-lama belajar tanpa sarana yang memadai dan ruang belajar yang mencukupi. Hanya mengandalkan dari pembayaran orang tua murid saja tentu belum mencukupi untuk bisa digunakan menyelesaikan pembangunan karena sekolah ini mengakomodir mereka yang tergolong kurang mampu secara ekonomi dan sebagian anak-anak yatim yang dibebaskan dari biaya pendidikan.

Untuk itu wakaf kaum muslimin sangat dibutuhkan dalam menyediakan gedung dan sarana belajar yang memadai. Mari bersama BWA, selesaikan pembangunan SDIT Rangkasbitung. Semoga Allah SWT memudahkan langkah kita untuk berbuat kebaikan dan membalas dengan pahala serta keberkahan di dunia dan akhirat, aamiin.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.