Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

Sejak Februari Menunggak Biaya Kontrakan, Abu Ahmar Bingung Melunasinya

Sejak Februari Menunggak Biaya Kontrakan, Abu Ahmar Bingung Melunasinya

Meski punya penghasilan bulanan, Abu Ahmar (35 tahun) merasa sangat berat dalam memenuhi biaya kehidupan sehari-hari yang selalu merangkak naik tetapi gaji tak jua sejajar dengan UMR.

Abu Ahmar bersama satu istri dan keenam buah hati tinggal di kontrakan yang kurang layak di Kelurahan Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara. Kakusnya jebol, atap dapur sudah rusak dan bocor sehingga setiap hujan selalu banjir lokal.

(Keluarga Abu Ahmar)

(Keluarga Abu Ahmar)

“Lantaran saya tidak mampu menyewa kontrakan yang layak karena penghasilan saya yang kurang, buat makan dan membeli kebutuhan sehari-hari saja agak terasa berat,” ujar lelaki yang bekerja di salah satu yayasan kemanusiaan sejak 2014 tersebut.

Bahkan, terhitung dari tanggal 20 Februari yang lalu Abu Ahmar belum mampu membayar tunggakan kontrakan. Kondisi ekonominya tambah parah seiring terjadinya pandemi Covid-19.

“Karena semakin banyaknya pengeluaran yang harus saya keluarkan, saya berusaha meminjam ke teman-teman, saudara, untuk membayar kontrakan yang menunggak, tapi hasilnya nihil, saya tidak mendapatkannya,” ungkapnya.

Untuk mengurangi beban keluarga Abu Ahmar, BWA mengajak kaum Muslimin menyalurkan zakat harta melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga bisa menutupi tunggakan kontrakan serta memperingan biaya hidup dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, tentu saja kewajiban zakat para muzaki (penunai zakat) tertunaikan.

Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzaki dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Dibutuhkan:

Rp.19.000.000

Mitra Lapangan:

Ridzky Maulana

 

#BWA #Wakaf #Zakat #ZakatPeerToPeer #ZPP

Sejak Februari Menunggak Biaya Kontrakan, Abu Ahmar Bingung Melunasinya

Update #1: Alhamdulillah Tunggakan Kontrakan Terlunasi dan Putra Abu Ahmar Kini Bisa Masuk Ponpes

Rasa antusias dan haru nampak jelas terlihat tatkala kami bersilaturahmi ke kontrakan Abu Ahmar. Di kontrakannya, tim ZPP BWA disambut keceriaan anak-anak Abu Ahmar dan keluarganya. Meskipun di tengah kesusahan ekonomi keluarga, tidak menghilangkan senyum anak-anak beliau.

“Alhamdulillah, syukran jazakunnallahu ahsanul  jaza' kepada BWA, para muhsinin dan muzakki yang sudah banyak sekali membantu kami di masa pademi seperti sekarang,” tutur Aisyah, istri Abu Ahmar.

(Penyerahan Donasi Zakat)

(Penyerahan Donasi Zakat)

“Di situasi seperti ini sulit sekali kami untuk mendapatkan rizki. Dengan penghasilan ayahnya yang pas-pasan kami betul-betul harus mengikat kuat semua pengeluaran. Karena bukan tidak bersyukur, setiap bulan kami pasti kadang kehabisan uang dan anak-anak sering tidak makan sehari atau dua hari,” lanjut Aisyah menceritakan keadaan ekonomi keluarganya.

Aisyah mengucapkan banyak terimakasih kepada para muzakki dan BWA yang telah membantu keluarganya selama ini. Bantuan dana zakat yang diterima ia gunakan untuk membayar tunggakan biaya kontrakan dan kebutuhan pokok keluarganya.

Selain untuk membayar tunggakan kontrakan, zakat yang diterima ia gunakan juga untuk membiayai anak pertamanya untuk belajar di pondok pesantren. “Alhamdulillah, bantuan zakat ini bisa mengantarkan anak saya ke pondok, meski dengan perbekalan yang minim.  Saya mendoakan insyaAllah pahalanya akan mengalir kepada para muhsinin dan muzakki yang sudah menjadi wasilah anak kami masuk ke pondok,” cerita Aisyah kepada tim ZPP BWA.

Di akhir pertemuan, tidak henti Aisyah mendoakan kebaikan untuk para muhsinin, muzakki dan BWA yang telah membantunya selama ini. “Saya sangat bersyukur, bahkan sampai menangis bahagia. Uang itu begitu berkah dan sangat bermanfaat hingga bisa memasukan anak saya ke pondok, itu yang membuat kami terharu,” lanjut Aisyah.

“Sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih kepada muzakki yang sudah dengan ikhlas dan ridha membantu kami. Semoga Allah membalas semua kebaikan bapak/ibu, hanya Allah yang mampu membalas dan menggantinya, aamiin,” tutup Aisyah seraya mendoakan.

 

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.