Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Semangat Belajar Bahasa Arab Agar Dapat Kuliah di Mesir

Semangat Belajar Bahasa Arab Agar Dapat Kuliah di Mesir

Tekad Hafidz Hilfan Din Akbar (21 tahun) agar dapat meneruskan pendidikan ke Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, benar-benar kuat. Makanya, selain menghafal Al-Qur’an, santri Tahfidz al-Qur’an MTA Al-Amien, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Jawa Timur, tersebut mengasah terus kemampuan bahasa Arabnya baik secara lisan maupun tulisan.

Di luar jam pelajaran, Hafidz sedikit sekali bermain, waktunya lebih banyak digunakan untuk belajar bahasa Arab secara daring di media sosial. Yang dipelajarinya adalah nahwu-sharaf, thariqah takallum (cara berbicara), dan balaghah.

Saat di pondok SMP pun, ia dapat juara 2 di kelas. Di pelajaran tahfidz lulus sebelum waktunya dan masuk di tingkat 10 besar. Dan juga pernah mendapat kesempatan menjadi delegasi lomba kaligrafi di Malang, Jawa Timur.

(Hafidz Bertekad Bisa Kuliah di Mesir)

(Hafidz Bertekad Bisa Kuliah di Mesir)

Kedua orang tuanya, M. Saiduddin (53 tahun) dan R. Maryam (50 tahun) sangat senang mendapatkan anaknya yang bertekad kuat dan berupaya sungguh-sungguh untuk menggapai cita-citanya menjadi ulama tersebut. Namun yang jadi masalah bagaimana warga Jalan Semampir Selatan I-A Nomor 11, Surabaya, tersebut membiayai kuliah anaknya hingga ke Kairo? Pasalnya, untuk membiayai pendidikan di MTA sekarang saja menunggak.

Maklumlah, sang Ayah hanyalah guru SMP swasta yang penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari. Sedangkan ibunya lebih fokus untuk mengurus adik-adiknya Hafidz yang masih kecil-kecil.

Hafidz mengerti kondisi ekonomi keluarga. Makanya, ia hanya meminta uang untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan, berlaku hemat, puasa senin-kamis. “Juga ada keinginan untuk membantu meringankan, ingin bekerja ingin bisnis tapi kondisinya belum memungkinkan di samping masih sangat terbatas ilmu dan waktu,” ujar R. Maryam.

Untuk mengurangi beban keluarga M. Saiduddin, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) guna membantu biaya pendidikan Hafidz di MTA. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Dibutuhkan:

Rp.69.250.000

Mitra Lapangan:

Dadan Wahyu Ramdhani

 

#BWA #InovasiWakaf #IndonesiaBelajar #IB

 

Belum ada Update

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 69.250.000



1.74%
Butuh Rp 68.048.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur