Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Al Quran & Pembinaan

Semenjak Al-Quran Road Trip 2016 Berlalu, Sekarang Kondisi Al-Quran Wakaf di NTT Sudah Banyak Rusak

(Tim BWA memegang salah satu Al Qur'an yang sudah rusak)

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian Timur Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue.

Di Provinsi ini ada kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (Pulau Timor).

Semenjak Al-Quran Road Trip BWA 2016 lalu berjalan, telah terdistribusikan lebih dari 50.000 Al-Quran wakaf di wilayah Provinsi NTT, alhamdulillah banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh saudara muslim disana khususnya di wilayah kepulauan.

Antusiasme masyarakat muslim dan anak-anak dalam mengaji semakin meningkat, bahkan banyak dari para mualaf yang kini menitipkan dan menyekolahkan anak-anaknya di pesantren, salah satunya adalah pesantren Ikhwatul Mukminin Adonara, Pesantren milik Ustd Arifudin Anwar.

Beliaulah partner lapang kami untuk wilayah Indonesia Bagian Timur, melalui kapal wakaf Armada Bahari telah banyak mengarungi lautan untuk menjangkau bagian tersulit ke wilayah-wilayah pelosok nusantara. Rasanya deburan ombak dan angin menjadi tantangan tersendiri dalam sebuah perjalanan Al-Quran Road Trip.

Berangkat dari Al-Quran Road Trip 2016 lalu hingga masuk pertengahan tahun 2019 dalam mendistribusikan Al-Quran di wilayah NTT rupanya dalam kurun waktu tersebut sudah banyak kondisi Al-Quran wakaf dari para wakif sekalian yang sudah usang bahkan rusak karena seringnya di pakai untuk belajar mengaji. Tentunya hal ini menjadi salah satu kebanggaan karena manfaatnya tak menjadi sia-sia semoga pahala senantiasa mengalir buat para wakif sekalian.

Insya Allah di tahun 2020 dengan semangat membumikan Al-Quran di wilayah NTT, BWA akan menginisiasi kembali Al-Quran wakaf sebanyak 100.000 Al-Quran dan 10.000 Iqra. Semoga dalam perjalanan Al-Quran Road Trip ini wakaf Al-Quran dapat kembali terdistribusi hingga ke kepulauan terpencil dan terluar di wilayah NTT.

 

Nilai Wakaf Yang Dibutuhkan

10.000.000.000

Partner Lapang

Ustd Arifudin Anwar

 

Semenjak Al-Quran Road Trip 2016 Berlalu, Sekarang Kondisi Al-Quran Wakaf di NTT Sudah Banyak Rusak

Update#6:Camat Pantar Barat NTT terharu dibawakan Al-Qur'an Wakaf

Dalam suatu kesempatan distribusi Al Qur’an wakaf, team BWA menuju Desa Baranusa yang merupakan tempat kelahiran Kakek Brani Dusu seorang kapten kapal wakaf BWA Armada Bahari Mulia sejak 2011.

Jadi perjalanan ini tuh seperti mengantarkan kakek Brani pulang kampung. Berbeda dengan perjalanan hari kemarin, di hari ini tuh mendungnya gelap untung saja perjalanan laut dari Balaiuring hanya 4 jam saja.

kapal kami bersandar di pelabuhan Baranusa meski dengan cuaca gerimis semoga menjadi rahmatan untuk kita semua karena ada Al-Qur'an yang akan kita bagikan untuk masyarakat di Baranusa kecamatan Pantar Barat dan Pantar tengah Kepulauan Alor sebanyak 2.400 eks Al-Qur'an.

Penyerahan simbolis Al-Qur'an melalui partner lapang BWA wilayah Indonesia Timur Ustd Arifuddin Anwar di kantor kecamatan Pantar Barat dan dihadiri oleh perwakilan desa dan masjid dari Pantar tengah dan Pantar Barat yang diterima oleh Bapak Taslim jou sebagai camat Pantar Barat di Baranusa.

Camatnya merasa sangat terkesan dan terharu karena selama ini tidak ada bantuan Al-Qur'an sebanyak ini, sementara penduduk di kecamatan Pantar Barat ini mayoritas muslim dimana 7 desa yang berpenduduk 7000 jiwa lebih ada, 2 desanya Kristen dan 5 desanya Muslim. tentu masyarakat sangat membutuhkan Al-Qur'an. jadi kami sangat berterima kasih dengan kehadiran BWA ini membawa berkah bagi wilayah kami. insyaallah saya akan menindak lanjuti amanah ini bersama ustd Rahman Alamsyah untuk membagikannya kepada setiap KK dan TPQ

 

Update#5: BWA antarkan 20 Ribu AlQuranWakaf untuk NTT

https://www.republika.co.id/berita/qpis5c374/bwa-antarkan-alquran-wakaf-untuk-warga-ntt-kepulauan

REPUBLIKA.CO.ID, KALABAHI -- Wakaf bukan hanya berupa tanah untuk masjid atau kuburan seperti yang dipahami masyarakat pada umumnya. Setiap harta yang ditahan untuk kepentingan umat adalah wakaf. Termasuk juga wakaf berupa Alquran yang selama ini dimotori oleh Badan Wakaf Alquran (BWA)  sebagai lembaga wakaf yang selalu mengedepankan inovasi wakaf.

Kali ini, sebanyak 20 ribu Alquran wakaf BWA distribusikan di kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT)  pada tanggal 21–28 Februari 2021 menggunakan kapal wakaf KLM Armada Bahari Mulya. Distribusi Alquran itu  dibantu oleh para santri Pondok Pesantren Ikhwatul Mukminin yang terletak di Adonara NTT. Pesantren itu dipimpin oleh  Ustadz Arifudin Anwar.

Ustadz Arifudin Anwar menjelaskan, Alquran wakaf itu didistribusikan ke beberapa kabupaten di NTT. Yakni,  Kabupaten Alor, Lembata, Flores Timur dan Kisar.

“Terbanyak di kabupaten Alor sejumlah 15 ribu eksemplar, Lembata 4.400 eksemplar, Flores Timur 500 eksemplar, dan sisanya untuk Kisar. Secara keseluruhan,  penerima manfaatnya adalah 15 ribu kepala keluarga (KK), 140 TPQ, 134 masjid, dua  pesantren dan 150 majlis taklim,” paparnya.

 “BWA berharap kaum Muslimin akan lebih paham lagi mengenai arti wakaf. Sehingga,  mereka tidak ragu untuk berwakaf bahkan menjadikan wakaf sebagai gaya hidup untuk memberikan solusi terhadap permasalahan saudara-saudara Muslimin lainnya.  Kami ucapkan terima kasih kepada wakif, maupun mitra  lapangan  yang sudah membantu sehingga amanah wakif berupa Alquran wakaf bisa disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” tutur Hazairin. 

Update#4 : Roadtrip NTT Distribusi Pulau Buaya dan Pulau Umapura Ternate.

Setelah tiba di kepulauan Alor kami berlabuh di tanjung P.buaya sekitar 1mil dari Desa Pulau buaya. Sambil memancing ikan team BWA berjaga-jaga semalam suntuk meneguk kopi panas (kopi asli Flores) karena malam itu arusnya deras.

Masyaallah Alhamdulillah pancingan bang Topan berhasil mendapatkan ikan kakap merah dengan berat 10Kg, rezeki team distribusi Al-Qur'an santapan segar ikan laut.

Sore harinya kami menuju kepulau Ternate untuk mendistribusikan Al-Qur'an sebanyak 360 eks Al-Qur'an untuk 290kk dan TPQ setempat yang diterima oleh bapak imam masjid dari suku Uma Kaka bapak Nurdin (55Th).

Beliau berkata "kami merasa terharu bahwa BWA bisa memberi bantuan Al-Qur'an sebanyak ini, bila di uangkan berapa nilainya, kami tidak bisa membalasnya sehingga sebagai tanda ikatan batin dan ucapan terimakasih kami memberikna kalung kain tenun asli Ternate kepada bapak-bapak sebagai kenangan. jangan dilihat harganya, tapi nilai budayanya".

Pukul 18.30 Bada Maghrib team tiba di Desa pulau buaya mendistribusikan 480 eks Al-Qur'an untuk 380kk, 5TPQ dan Majelis taklim setempat diterima oleh imam masjid Bapak Sodikin Sogan.

Selanjutnya team BWA kembali ke kapal untuk membuat persiapan perjalanan ke pulau-pulau berikutnya. mohon doa.

 

Update#3 : Roadtrip NTT Distribusi Pulau Treweng dan Pulau Pur

Setelah solat subuh berjamaah di kapal team BWA melanjutkan ke pulau treweng. pelayaran menyusuri pulau-pulau kecil di kepulauan Alor sangat indah dan berkesan disela-sela deru mesin kapal. kami melewati selat sempit dengan arus yang kencang, menelusuri bukit hijau di sekeliling lautan dan akhirnya tiba di pulau treweng sekitar jam 09.30 WITA.

Imam dan staf sekolah SMPN Satap treweng membawa ketinting menjemput kami di kapal. sesampainya di dermaga treweng team BWA di sambut oleh kepala Desa dan tokoh-tokoh setempat. kegiatan distribusi Al-Qur'an dilaksanakan di masjid setempat yang di hadiri oleh murid dan masyarakat setempat.

sebanyak 460 eks Al-Qur'an di bagikan untuk 300kk, 2 sekolah, 2Masjid 2 Musolah,TPQ dan Majelis taklim. yang diterima oleh keplaa Desa Treweng bapak Jalaluddin 60th dalam sambutannya beliau mengatakan ini pekerjaan yang sangat luar biasa, kami sudah sering memohon bantuan Al-Qur'an ke kementerian agama, tapi tidak pernah dapat. Baru kali ini datang sebanyak ini. Saya juga baru dengar datangnya team BWA jadi mohon maaf bila penyambutan ini kurang berkenan. tapi saya siap untuk melanjutkan amanah ini untuk ke seluruh warga.

Acara di Pulau Treweng berakhir jam 11.00 WITA team disuguhkan buah srikaya dan teh hangat, Alhamdulillah. Selanjutnya team melanjutkan ke pulau pura besar sekitar 2jam. sahabat wakaf masyaallah arusnya sangat besar sehingga kami tidak bisa buang jangkar untuk berlabuh. kapalnya hanyut-hanyut saja dan kami menggunakan skoci untuk turun ke kampung dolabang desa pura barat. masyaallah jalannya sungguh terjal, team BWA bersama para santri dan warga setempat memikul Al-Qur'an menanjaki bukit menuju ke Masjid.

Acara berlangsung di bawah rindangnya pohon mangga bersama pengurus masjid setempat. di pulau ini kami membagikan 240 eks Al-Qur'an untuk 200kk dan TPQ yang berada di 4 Desa, 4 Masjid di Pulau Pura Besar yang di terima oleh pengurus DKM bapak Baharuddin.

kata beliau kami sangat berterima kasih atas kehadiran Al-Qur'an BWA karena banyak sekali umat yang tidak memiliki Al-Qur'an di rumahnya. Insyaallah saya akan menjalankan amanah ini untuk dibagikan ke masjid yang lain.

Sahabat Wakaf untuk menjangkau desa-desa di pulau ini sangat sulit, memakan waktu yang banyak karena tidak ada jalur transportasi darat dan harus melewati laut sementara arusnya sangat kencang.

 

Update#2 : 20 Ribu AlQuran Wakaf untuk NTT kepulauan

sebanyak 20 ribu Alquran wakaf BWA distribusikan di kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT)  pada tanggal 21–28 Februari 2021 menggunakan kapal wakaf KLM Armada Bahari Mulya. Distribusi Alquran itu  dibantu oleh para santri Pondok Pesantren Ikhwatul Mukminin yang terletak di Adonara NTT. Pesantren itu dipimpin oleh  Ustadz Arifudin Anwar.

Ustadz Arifudin Anwar menjelaskan, Alquran wakaf itu didistribusikan ke beberapa kabupaten di NTT. Yakni,  Kabupaten Alor, Lembata, Flores Timur dan Kisar.

“Terbanyak di kabupaten Alor sejumlah 15 ribu eksemplar, Lembata 4.400 eksemplar, Flores Timur 500 eksemplar, dan sisanya untuk Kisar. Secara keseluruhan,  penerima manfaatnya adalah 15 ribu kepala keluarga (KK), 140 TPQ, 134 masjid, dua  pesantren dan 150 majlis taklim,” paparnya.

Rp. 100 ribu untuk kebaikan yang abadi

Di pelosok Indonesia, salah satunya di Timur Indonesia, Al-Qur'an menjadi barang langka, terutama bagi para mualaf yang membutuhkan Al-Qur'an untuk belajar dan mendalaminya sebagai pedoman dalam hidup. Untuk itu, BWA telah berhasil mendistribusikan 50.000 Al-Qur'an di NTT pada tahun 2016. Tahun lalu kami kembali mendistribusikan Al-Qur'an di NTT, dalam project Al-Qur'an Road Trip Pulau Timur dan Labuan Bajo NTT. Salah satu penerimanya adalah Desa Lamahala dan Desa Waiburak. Bahkan di Desa Waiburak, Al-Qur'an wakaf yang pernah kami salurkan sudah rusak lantaran sering dibaca. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena wakaf Al-Qur'an menjadi ladang pahala jariyah yang tak akan pernah putus. Tapi jika kondisi Al-Qur'an ini dibiarkan terus menerus rusak, kami khawatir ghirah para mualaf ataupun para penghafal Al-Qur'an, turun karena Al-Qur'an yang dibaca usang, lusuh, maupun terlepas. Mungkin khatam berkali-kali sulit terwujud.

Sahabat Wakaf , pintu kebaikan sudah terbuka,..yuk bersegera kita masuki....

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur