Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

SK Dede Suwardi

Ketiadaan Biaya, Guru Iqra Ini Menunda Operasi Tumor Paru-parunya

 

Menderita penyakit asma sejak lahir harus dijalani Dede Suwardi (39 tahun), inhaler selalu ada di genggamannya, jika tidak ia akan sangat menderita saat asma yang diderita kembali kambuh. Ujian hidup yang harus dilewati Dede semakin bertambah, selain penyakit asma yang belum sembuh kini ia diuji dengan adanya tumor pada paru sebelah kanan, yang ia dapati pada pertengahan Oktober 2019.

(Dede Suwardi, 39 tahun)

(Dede Suwardi, 39 tahun)

Tiga kali dalam sepekan Dede harus menjalani pemeriksaan rutin di Rumah Sakit Paru Cisarua, Bogor. Jarak yang terbilang cukup jauh mengharuskannya mengeluarkan biaya yang cukup besar, selama ini ia pergi dengan menggunakan jasa angkutan umum.

Sebelumnya ia sempat memiliki usaha kecil-kecilan, namun semenjak menderita tumor paru, usahanya terpaska terhenti. Untuk memenuhi biaya berobat ia hanya mengandalkan bantuan dari saudara dan tetangga, terkadang ia juga menjual beberapa harta benda yang dimilikinya untuk sedikit menambah biaya berobat.

Alhamdulillah untuk tempat tinggal Dede tidak begitu terbebani, ia tinggal di sebuah rumah yang dijadikan majelis taklim/tempat pengajian oleh warga sekitar yang berlokasi di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Setiap bakda shalat Magrib, Dede dan Neni (37 tahun/istri) mengajar anak-anak baca Iqra dan Al-Qur’an di majelis tersebut.

Dede masih kebingungan untuk mencari tambahan biaya, terlebih bayang-bayang operasi tumor paru-paru sudah ada di dalam pikirannya. Bukan tidak mau menjalani operasi, ketiadaan biaya yang membuatnya bertahan untuk menunda operasi tersebut. Untuk tindakan kemoterapi memang tercakup BPJS tetapi tidak untuk obat-obatan, yang keseluruhannya tidak tercakup BPJS.

Untuk mengurangi beban keluarga Dede, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin bersedekah melalui program Sedekah kemanusiaan (SK) sehingga biaya pengobatannya terpenuhi dan semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.77.400.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#WakafQuran #Wakaf #SedekahKemanusiaa

SK Dede Suwardi

Update #1. SK Dede Suwardi

Selama Enam Bulan Kedepan, Pak Dede Harus Rutin mengkosumsi Obat

Beberapa bulan menjalani perawatan di Rumah Sakit Paru Cisarua, Bogor, Pak Dede (39 tahun) memutuskan untuk pindah rujukan dan memilih melakukan perawatan di Rumah Sakit PMI Bogor. Jarak yang dekat menjadi alasannya, walaupun pak Dede kembali menjalani pemeriksaan medis dari awal.

(Penyerahan bantuan secara simbolis kepada Pak Dede Suwardi)

Setelah diperiksa ia mendapat hasil bahwa masih ada tumor sebanyak dua titik di paru-paru kanan di bagian atas dan bawah. Hal ini disebabkan dari penyakit asma yang ia derita sejak lama.

Pak Dede diharuskan untuk rutin mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter. “Alhamdulillah sudah ada perubahan, nafas lebih enak,” Ujarnya. Ia sangat berterimakasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuan, sehingga  Pak Dede bisa menebus obat secara rutin.

Pak Dede masih menunggu hingga enam bulan kedepan untuk mendapatkan keputusan medis dari rumah sakit terkait kondisi penyakit yang ia derita,, untuk tindakan operasi dan yang lainnya. Harapan dia jangan sampai di operasi. “Kalo bisa mah jangan sampai dioperasi,” cetusnya sambil tersenyum. Dokter masih menyarankan agar pak Dede rutin minum obat dan perbanyak aktifitas gerak.

 

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 77.400.000

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Project Sejenis