Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Tidak Ada Jurusan Otomotif di Kampung, Syamsurizal Nekad ke Jakarta

BWA-IB.Karena tidak ada STM jurusan otomotif di Parado-bima, Syamsurizal (15 tahun) nekad merantau ke Jakarta. Lelaki yang bertekad dapat membuka bengkel sendiri kini duduk di kelas 1 Jurusan Teknik Otomotif STM 10 Nopember Jakarta.

“Di Parado-Bima tidak ada STM otomotif padahal saya ingin menjadi orang yang sukses membuka bengkel agar bisa membantu perekonomian orang tua,” ungkap lelaki kelahiran Bima, 9 Desember 1999.

IB-Syamsurizal

Syamsurizal (15 tahun) FOKUS belajar dalam rangka mempersiapkan UTS di kosannya.

Setamat SMP, anak ketiga dari empat bersaudara yang merupakan laki-laki satu-satunya langsung mengikuti jejak sepupu Adiyatma (25 tahun) yang telah lebih dulu merantau. Karena tidak memiliki uang, ia pun menumpang di kosan sepupunya yang sudah bekerja di sebuah yayasan tersebut.

Pesan ibunda Maemunah (39 tahun) ta na'o kataho dan aina bengke (belajar dengan baik dan jangan nakal di daerah orang), selalu terngiang dan harapan dapat membiaya sekolah adinda Atiah (11 tahun, kelas 6 SD) hingga kuliah, bila sudah buka bengkel nanti, selalu terbayang di benak Syamsurizal.

Maka ia selalu rajin belajar dan mengerjakan PR. Lebih dari itu, setiap usai magrib Syamsurizal mengajar ngaji anak-anak warga di sekitar kosan di Jalan Mandala V RT 12/02 Cililitan, Kecamatan Kramat, Jakarta Timur. Dan kadang, sepulang sekolah membantu membersihkan pekarangan rumah tetangga.

Meski saat ini tidak dipusingkan bayar kosan dan makan ---lantaran ditanggung sepupu --- tetapi ia kebingungan untuk membayar biaya pendidikan sekolah untuk tahun pertama sebesar Rp 2.215.000,- Mengandalkan kiriman orang tua yang bekerja sebagai buruh tani juga tidak mungkin.

Untuk mengurangi beban Syamsurizal dalam menggapai harapan dan cita-citanya, melalui program Indonesia Belajar (IB), Badan Wakaf Al-Qur’a (BWA) mengajak kaum Muslimin mendonasikan sebagian hartanya. Semoga amal shalih tersebut menjadi salah satu anak tangga yang kita pijak menuju surga-Nya. Aamiin.[]

Donasi yang diperlukan:

Rp 2.215.000,- (SPP sebelas bulan @ Rp 190.000,- uang UTS 50.000,- PMR 5000, uang buku raport Rp 70.000,-)

Mitra lapang:

Adi yatma

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.