Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Tumor Hati Lidia Harus Segera Diangkat Tapi Belum Ada Biaya, Ayo Kita Bantu…

(Lidia Permata bersama Ibunya)

Betapa malangnya nasib Lidia Permata (1,5 tahun). Balita warga desa Kalampangan kecamatan Sabangau kota Palangkaraya - Kalimantan Tengah ini perutnya membesar karena kanker hati yang di dapatnya sejak lahir. Maka ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Karena sudah kronis, Lidia harus segera melakukan operasi untuk mengangkat tumor yang ada di hatinya. Namun sebelum itu dilakukan, Lidia harus mencari orang yang siap untuk mendonor hatinya. Untung saja Ayahanda Hadi Purnomo (44 tahun) siap menjadi pendonor untuk anaknya tercinta.

Semenjak Lidia dirujuk ke RSCM Jakarta, perjuangan kedua orang tuanya semakin berat, sekitar lima bulan berada di Jakarta kedua orang tuanya mulai mendapat kendala dalam hal ekonomi.  Sudah tiga bulan mereka menunggak pembayaran kontrakan yang Rp1,2 juta per bulan. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ibunda Lily Sukmawati (41 tahun) bekerja serabutan sebagai buruh cuci dengan hasil yang tidak menentu. Belum lagi, Lidia membutuhkan susu khusus medis untuk asupan nutrisi. Harga setiap kaleng susu sekitar Rp350 ribu untuk pemakaian selama dua hari saja.

Pada saat ini Lidia dan Hadi selalu melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum melakukan operasi pendonoran dan operasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kestabilan hati Hadi (pendonor cangkok hati) untuk didonorkan pada Lidia. Dana yang dibutuhkan pun tidak sedikit, sementara Ayahnya Lidia tidak memiliki pekerjaan yang pasti di Jakarta.

Untuk mengurangi beban keluarga Lidia, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin bersedekah melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK). Sehingga proses operasi berjalan lancar dan tak lagi terkendala biaya dan kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

Sedekah yang Diperlukan:

Rp 100.000.000,-

Mitra Lapang:

Rifai

Tumor Hati Lidia Harus Segera Diangkat Tapi Belum Ada Biaya, Ayo Kita Bantu…

Update #1: Lidia Siap Menjalani Operasi Pencangkokan Hati

Kondisi terkini Lidia masih sama saja seperti awal kami bertemu dengannya, kulitnya masih menghitam dan matanya masih menguning karena kondisi hatinya yang masih rusak. Setelah dilakukan cek genetik sampel hati ayahnya, Lidia dinyatakan lolos dan rencananya Lidia akan menjalani prosedur pencangkokan hati, namun saat ini masih menunggu waktu untuk melakukan operasi transplantasi hati tersebut.

(Lidia dan Ibunya saat Menerima Bantuan Sedekah Kemanusiaan BWA)

Rencananya Lidia akan melakukan terapi di Semarang selama satu minggu kedepan, sambil menunggu waktu pemanggilan operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Saat ini orang tua dari Lidia rutin  memberikan susu medis khusus hati, berkat sumbangan dari para wakif dan donatur Badan Wakaf Al Quran (BWA) yang sebelumnya telah disalurkan melalui tim program Sedekah Kemanusiaan (SK).

Ibu Lidia sangat berterimakasih, dan berharap dengan donasi yang para wakif dan donatur berikan dapat membantu kesembuhan lidia, dan mendapat keberkahan dari Allah SWT, Amiin.

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.