Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Produktif

Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri (Sebuah Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa)

Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri (Sebuah Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa)

BWA sedang mengembangkan program-program Wakaf Produktif di bidang pertanian. Kegiatan ini telah dimulai dengan membebaskan lahan seluas 13 hektar di Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk dijadikan kawasan pertanian terpadu. Di tempat ini dirancang berbagai kegiatan produktif yang melibatkan para petani dan warga sekitar, mulai dari kegiatan budidaya hingga pengolahan produk pertanian.

Dalam waktu dekat ini BWA akan memanfaatkan sebagian lahan yang ada, sekitar 7 hektar, untuk budidaya tanaman sereh wangi (Cymbopogon nardus) atau populer dengan sebutan citronella grass. Sereh wangi mengandung minyak atsiri berkualitas tinggi. Minyak atsiri ini banyak dicari orang karena sangat bermanfaat bagi kesehatan dan diperlukan oleh industri-industri dalam kegiatan produksi, seperti industri farmasi, makanan, perawatan kecantikan, dan terutama parfum. Karena itu nantinya hasil panen tanaman sereh wangi tidak dijual dalam bentuk mentah, melainkan berupa minyak atsiri.

(Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri)

(Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri)

Sebuah pertanyaan, mengapa mesti repot-repot menjual hasil panen dalam bentuk minyak atsiri, bukahkah menjual sereh wangi mentah lebih mudah? Jawabnya sederhana. Ini sebuah tuntutan dalam dunia usaha, bagaimana agar dapat mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian. Dari sisi ekonomi, nilai jual minyak atisiri jauh lebih tinggi dibanding tanaman sereh wangi dalam bentuk mentah. Harga jual tanaman sereh wangi mentah berkisar Rp.1.000 – Rp.2.000 per kilogram. Sementara harga minyak atsiri terendah di pasaran ada pada kisaran $11 - $16 per kilogram. Memang dalam pengolahan sereh wangi mentah menjadi minyak atsiri terjadi penyusutan yang cukup besar—dimana sekitar 1 ton sereh wangi mentah akan menghasilkan sekitar 8 kilogram minyak atisiri—tetapi tetap saja  nilai ekonomi dan keuntungan yang diperoleh lebih tinggi bila menjual dalam bentuk minyak atsiri.

Dasar perhitungan ini mendorong BWA mendirikan pabrik penyulingan minyak atsiri di lokasi yang berdekatan dengan tempat budidaya tanaman sereh wangi. Sehingga begitu masa panen tiba, sereh wangi selekasnya dapat diproses menjadi minyak atsiri. Produk dapat segera dipasarkan dan dinikmati hasilnya.

Kehadiran pabrik penyulingan minyak atsiri ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Desa Cireunghas dan sekitarnya. Khususnya, membuka lapangan kerja dan sekaligus menyediakan pasar baru bagi para petani tanaman sereh. Mereka dapat menjual hasil panennya langsung ke pabrik penyulingan minyak atsiri dengan harga yang layak.

Sumber dana pembangunan pabrik penyulingan minyak atsiri menggunakan skema Wakaf Produktif. BWA mengajak semua pihak untuk bersama-sama membantu pembiayaan pembangunan pabrik penyulingan ini. Wakaf anda telah mencakup seluruh biaya yang dibutuhkan untuk membangun pabrik penyulingan beserta fasilitas pendukung meliputi :

  1. 2 unit Mesin Distilator/penyulingan berkapasitas 1 ton/batch
  2. Bangunan gedung untuk penempatan mesin distilator
  3. pabrik listrik dengan daya 6.600 watt
  4. Sarana pengairan untuk proses penyulingan
  5. Bangunan kantor pengelola dan mess

Dukungan dana dari para wakif sangat bermakna dan menentukan cepat atau lambatnya proses pembangunan pabrik. Semakin cepat pabrik berdiri, akan semakin cepat pula manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

BWA sudah mencanangkan, keuntungan dari usaha penyulingan minyak atsiri ini akan dimanfaatkan untuk memperkuat program-program BWA yang lain, terutama program pendidikan yang saat ini terus berkembang. Saatnya wakaf produktif menjadi penggerak kegiatan-kegiatan sosial dan pendidikan yang bergulir membawa kemashalatan bagi umat.

Dengan mengharap rahmat dan ridho Allah Subhanahu wata’aala, semoga pembangunan pabrik penyulingan minyak atsiri ini segera terlaksana. Teriring doa untuk para wakif, semoga Allah Subhanahuwata’aala senantiasa mencurahkan berkah dan kemuliaan serta derajat yang tinggi sebagai balasan atas kebaikan yang diberikan.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.4.814.770.000

Partner Lapangan:

Lembaga Nadzir Indonesia (LNI)

 

#BWA #Wakaf #WP #WakafProduktif #PabrikPenyulingan #MinyakAtsiri

 

Wakaf Produktif Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri (Sebuah Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa)

Update #1: Peresmian Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri

Meski dengan segala keterbatasan sumber daya, dengan melibatkan para petani setempat, alhamdulillah Pabrik Penyulingan Minyak Atsiri kini telah siap dioperasikan. Pembangunannya dimulai sejak pertengahan Juni 2020 di atas sebidang tanah seluas 8x15 meter persegi di area Kebun Wakaf Produktif EcoWakaf Cireunghas.

Pada hari Sabtu, tanggal 19 September 2020, Pabrik secara resmi diresmikan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Launching Ecowakaf Cireunghas dengan yang dihadiri oleh COO & CFO BWA, Ustadz Muhamad Ichsan Salam beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi diantaranya:

1. Kabag Kesra Pemkab Sukabumi, Bapak H. Usep Setiawan, S.Pd,I.,MM yang hadir dan memberikan sambutan mewakili Bupati.

2. Danramil Sukaraja, Kapten Infanteri Erson, yang hadir mewakili Dandim 0607 Sukabumi.

3. Kapolsek Cireunghas, yang hadir mewakili Kapolres Sukabumi Kota, dan,

4. KH. Yandi Muhammad Lutfi, Ketua MUI Kec. Cireunghas, Sukabumi yang juga bertindak sebagai penceramah dalam kegiatan Launching Ecowakaf.

Dalam sambutannya, COO & CFO BWA menyampaikan bahwa Ecowakaf Cireunghas ini merupakan proyek wakaf produktif yang terinspirasi oleh amaliyah wakaf para sahabat Nabi semisal wakafnya sayyidina Utsman bin 'Affan yang mewakafkan Sumur Raumah untuk kaum muslimin yang hasilnya hingga hari ini maaih memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi umat.

Pabrik dengan kapasitas penyulingan 1 ton/hari ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pengelolaan Kebun Wakaf Produktif Ecowakaf Cireunghas, meningkatkan nilai ekonominya dan menambah lapangan pekerjaan bagi warga setempat serta hasilnya dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan umat, utamanya bagi warga sekitar.

(foto bersama  peresmian pabrik pengolahan minyak atsiri)

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 4.814.770.000



0.02%
Butuh Rp 4.814.045.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.