Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari

Wujudkan Cita-Cita Keyla Menjadi Guru

Wujudkan Cita-Cita Keyla Menjadi Guru

Cita-cita Keyla Syafira Azzhaira (13 tahun) menjadi seorang hafidzah. Setelah menjadi penghafal 30 juz Al-Qur’an, siswi kelas 1 MTs Nurul Huda Kota Bekasi tersebut berencana menjadi guru supaya bisa menebarkan ilmunya.

“Keyla juga ingin membangun sekolah tahfidz,” ujar sang anak yang agak pemalu tersebut kepada tim Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) saat survei ke tempat tinggalnya Jalan Bogenvile Ujung RT 1/11, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ketika Keyla sedang ke belakang, sang ibu Endang Wahyuni (40 tahun) bercerita, ketika Keyla melihat anak-anak seumuran yang bekerja sebagai pemulung lewat di depan rumah, Keyla berkata kepada sang ibu, “Keyla bersyukur ya masih bisa sekolah, tidak sesusah mereka. Keyla ingin deh nanti bisa membangun sekolah untuk yang tidak mampu.”

(Keyla Bercita-cita Menjadi Guru)

(Keyla Bercita-cita Menjadi Guru)

Makanya, meski secara ekonomi Endang tidak mampu menyekolahkan Keyla ke sekolah lanjutan tingkat pertama, janda cerai beranak dua ini tetap memaksakan diri mengikuti maunya anak kedua tersebut untuk sekolah ke madrasah tsanawiyah.

Untung saja, adik ipar Endang (suami dari adiknya Endang) mau menampung Endang dan kedua anaknya bahkan menyekolahkan Keyla. Namun penghasilan sang adik ipar yang bekerja sebagai sekuriti langsung habis untuk menghidupi sembilan anggota keluarga (termasuk Endang dan kedua anaknya) dalam satu rumah. Sehingga kesulitan juga memenuhi biaya sekolah bulan per bulannya.

Endang yang bekerja serabutan dengan cuci gosok pun penghasilannya relatif kecil dan tak menentu alias belum bisa diandalkan. Sedangkan ayahnya Keyla jarang sekali memberi nafkah kepada Keyla, bahkan sejak pandemi sudah tak ada kontak lagi.

Untuk mengurangi beban keluarga Keyla, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim berdonasi melalui program Indonesia Belajar (IB) guna membantu biaya pendidikannya. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dengan curahan rahmat berlipat ganda. Aamiin.[]

 

Donasi yang Diperlukan:

Rp.10.500.000

Mitra Lapangan:

Nabil A.R

 

#BWA #IB #IndonesiaBelajar

Wujudkan Cita-Cita Keyla Menjadi Guru

Update #1: Meskipun Tanpa Sosok Ayah, Keyla Tetap Bersemangat Sekolah

Ucapan syukur dan Alhamdulillah tidak hentinya diucapkan oleh Endang kepada Badan Wakaf Al-Quran (BWA) dan donatur yang telah meringankan beban keluarganya. Pada 6 Desember 2021 tim Indonesia Belajar BWA mengunjungi rumah Ibu Endang untuk menyampaikan amanah dana pendidikan sekolah bagi anaknya, Keyla. Saat ini Keyla tengah menempuh sekolah di kelas 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Kota Bekasi.

Ibu Endang saat ini hidup tanpa suami dan harus membiayai 3 (tiga) anak-anaknya yang masih sekolah. Sudah sebulan Endang bekerja sebagai buruh untuk mengolah dan menggulung kebab frozen dengan penghasilan Rp 30.000 s.d 50.000/hari. Selepas ba’da maghrib, Endang pun mengajar Iqra dan Al-Qur’an kepada anak-anak dan keponakan. Meskipun tanpa adanya kehadiran sosok ayah, tidak sedikitpun menyurutkan Keyla untuk semangat bersekolah.

(Dana Bantuan Pendidikan diterima Langsung oleh Keyla dan Ibunya)

(Dana Bantuan Pendidikan diterima Langsung oleh Keyla dan Ibunya)

Tanpa ada dukungan ayah, Keyla tetap ingin selalu bersekolah hingga kelak bisa membahagiakan ibunya. Keyla bersungguh-sungguh menempuh pendidikan dan perlahan dapat menghafal Al-Qur’an. Endang berharap Keyla menjadi sosok anak yang sholehah dan mudah-mudahan bisa sekolah sampai perguruan tinggi.

“Saya ucapkan banyak terima kasih Jazakumullah Khoiron untuk BWA yang telah mengerahkan pikiran, tenaga dan juga donatur yang telah mengeluarkan materi rezeki nya untuk pendidikan MTS Keyla, semoga Allah Ta’ala memberikan kesehatan, kebaikan dan limpahan rezeki untuk BWA dan para donatur”, ungkap Endang.

Dengan semangat saling tolong-menolong antar sesama manusia menjadi jalan menuju syurga kepada para donatur semua. BWA hadir untuk menebar manfaat kepada pemetik manfaat agar mereka tidak putus sekolah dan selalu berjuang untuk mengamalkan pendidikan yang mereka telah dapatkan di bangku sekolah. Semoga para donatur selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dunia-akhirat dari amal jariyah untuk program Indonesia Belajar, aamiin.

 

DONASI YANG DIBUTUHKAN

Rp 10.500.000



73.29%
Butuh Rp 2.805.000,- lagi

PROJECT LAIN

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.