Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Indonesia Belajar

Wulan Sang Juara Umum

Holilah Wulan Yuniarti (18), demikian nama lengkapnya, biasa dipanggil Wulan. Siswi kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muara Indonesia ini adalah langganan juara umum sejak bersekolah di SMPN 148 Jakarta hingga sekarang. Ayahnya berprofesi sebagai kuli bangunan.

Sulung kelahiran Jakarta, 2 Juni 1995 ini, sejak kecil sudah tinggal bersama budenya, Prihapsari Tejorukmi, seorang guru Tata Busana di SMP 25 Jakarta. Selain menyediakan tempat tinggal untuknya dan kelima adiknya, ibu Prihapsari juga membiayai kebutuhan sekolah Wulan sejak SD hingga SMP.

Dana yang terbatas membuat ibu Prihapsari tidak bisa lagi membantu membiayai pendidikan lanjutan Wulan. Namun, Alhamdulillah, Yurnita, seorang guru SMP lainnya berbaik hati menutupi kebutuhan sekolah Wulan, sejak akhir kelas III SMP hingga tiga tahun ke depan. Atas kehendak Allah, keterbatasan dana membuat ibu Yurnita dengan berat hati menghentikan bantuan materi sejak tanggal 12 Januari 2013.

Wulan berusaha agar pendidikannya tetap berlanjut. Demi memperoleh uang untuk membiayai sekolahnya, ia telah melamar kerja kesana-kemari, tetapi tetap tidak mendapat panggilan. Ia sadar bahwa statusnya yang masih pelajar membuat orang enggan mempekerjakannya. Ia sempat bertanya kepada dirinya, "Haruskah saya berhenti sekolah dan memilih bekerja saja?"

Muslimah yang bercita-cita menjadi guru bimbingan konseling ini bertekad akan melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin. Mari bantu Wulan menyelesaikan pendidikannya sehingga memudahkannya meraih cita-cita.[]

 

Donasi yang dibutuhkan:

Rp 3.461.000,- (Tiga Juta Empat Ratus Enam Puluh Satu Ribu Rupiah)

 

Partner lapang:

Miftah Sa’adah

Wulan Sang Juara Umum

Update #1: Terima Kasih Para Donatur

Wulan, panggilan akrab muslimah kelahiran Jakarta, 2 Juni 1995 ini adalah langganan juara umum sejak bersekolah di SMPN 148 Jakarta hingga sekarang. Sekalipun berprestasi, Wulan tidak mendapatkan bantuan keringanan biaya pendidikan dari pihak sekolah. Adalah ibu Prihapsari Tejorukmi, seorang guru Tata Busana di SMP 25 Jakarta dan Yurnita, seorang guru SMP lainnya yang berbaik hati menanggung biaya pendidikan Wulan selama ini. Namun, dana yang terbatas membuat ibu Prihapsari dan Yurnita menghentikan bantuan sejak awal 2013 lalu.

Terhentinya bantuan tidak membuat Wulan berputus asa. Untuk membayar biaya pendidikannya, ia mencoba melamar kerja kesana-kemari, tetapi tetap tidak juga mendapat panggilan. Ia akhirnya sadar bahwa statusnya yang masih pelajar membuat orang enggan mempekerjakannya.

Siswi kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muara Indonesia ini pun begitu khawatir karena dana untuk membayar berbagai ujian seperti uji kompetensi praktek, ujian praktek, dan ujian sekolah belum ada, padahal waktunya sudah dekat. Ia pun berpikir keras bagaimana agar bisa memperoleh uang secepatnya. Akhirnya, dengan terpaksa ia pun meminta kepada Budenya agar mau melunasi biaya-biaya yang dibutuhkannya. Alhamdulillah, budenya menyanggupi dan kemudian memberikan sejumlah dana.

Beberapa hari setelah melunasi SPP bulan Maret, Wulan mendapat bantuan dana dari program Indonesia Belajar Badan Wakaf Al-Quran (BWA). Dana tersebut kemudian digunakan untuk melunasi sisa biaya sekolah Wulan yang belum terbayarkan sekaligus mengganti uang budenya. Selain itu, dana hasil donasi para donatur melalui BWA tersebut juga akan digunakan untuk melunasi seluruh biaya sekolah Wulan hingga lulus.

“Alhamdulillah, syukron (terima kasih, red) saya kepada para donatur yang telah membantu saya, dan yang telah bersedia membantu biaya pendidikan saya. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih dan belum bisa membalas budi. Namun, saya selalu berdoa kepada Allah agar yang telah membantu saya selama ini agar selalu dilimpahkan rezeki, nikmat, dan sehat serta selalu dilindungi Allah SWT dari kejahatan serta godaan setan, sehingga tetap istiqomah dijalan-Nya,” tulis Wulan dalam suratnya kepada BWA.

Terima kasih kepada para donatur yang telah membantu, semoga Allah SWT membalas amal baik Anda dengan sebaik-baik pahala. Aamiin.[]

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.