Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Yuk, Bantu Biaya Pengembangan Pesantren Rahmatullah Al-Hasan di Desa Kekait, Lombok Barat

Yuk, Bantu Biaya Pengembangan Pesantren Rahmatullah Al-Hasan di Desa Kekait, Lombok Barat

Sudah 20 tahun lamanya Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW berdiri di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari tahun ke tahun ponpes ini semakin eksis dan banyak diminati masyarakat. Para santrinya pun semakin beragam, bukan hanya warga setempat melainkan datang dari lintas kecamatan dan kabupaten lain.

Kepercayaan masyarakat menyekolahkan anak-anaknya ke Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait karena pesantren ini terbukti dapat memberikan bekal pengetahuan yang baik bagi para santrinya. Di tempat ini para santri belajar berbagai program yang memperkuat keilmuannya di bidang agama Islam. Mulai dari metode menghafal Al Quran, mengikuti halaqah, riyadloh, fatul qulub, musabaqah, dan majelis taklim, sampai membahas bahtsul masa’il yang meliputi kepastian hukum agama terkait berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

(Bangunan Madrasah yang Difungsikan Sebagai Asrama Para Santri)

Sekarang ini santri Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW berjumlah 205 orang, terdiri dari putra dan putri. Kendati sekolah ini sudah berumur cukup panjang, gedung maupun fasilitas pendidikan pesantren ini masih terbatas. Kapasitas asrama hanya mampu menampung 25 persen dari keseluruhan santri yang ada. Karena areal pesantren tidaklah luas, hanya sekitar 2.500 meter persegi, maka jarak antara asrama santriwan dan santriwati pun cukup berdekatan.

(Santriwati Sedang Mengikuti Pelajaran di Ruang Kelas Tanpa Kursi dan Meja Belajar)

Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait sudah lama ingin melakukan pengembangan fasilitas pendidikan, termasuk pembangunan gedung baru untuk dijadikan ruang kelas dan asrama agar semua santri bisa mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak dan dapat menginap di asrama. Serta, diharapkan dapat pula diatur jarak yang ideal antara lokasi asrama putra dan putri.

(Bangunan kelas dan Asrama sementara)

Untuk pengembangan ini, kawasan pesantren perlu diperluas, sehingga dibutuhkan pula pembebasan lahan yang  tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun selama-bertahun-tahun keinginan terpendam begitu saja. Tidak kunjung terwujud karena pesantren tidak memiliki dana. Sementara biaya yang dibutuhkan cukup besar.

Badan Wakaf Al Quran (BWA) terpanggil untuk membantu mewujudkan pengembangan Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait. Untuk itu, BWA mengadakan pengalangan dana dan mengajak para wakif bersama-sama berpartisipasi mewakafkan sebagi rezekinya untuk membangun fasilitas pendidikan Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait.

Semoga Allah SWT meridhoi niat baik ini, semua proses pengembangan Pondok Pesantren Rahmatullah Al-Hasan NW dapat terwujud dan berjalan lancar. Dan kiranya, Allah SWT menjadikan dukungan para wakif ini sebagai investasi akhirat yang dapat mengalirkan pahala dan kebaikan kepada para wakif sampai kapan pun.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.2.889.540.465

Partner Lapangan:

Ustadz Fathul Aziz

 

#BWA #InovasiWakaf #WKD #WakafKhususDakwah #LombokBarat

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.