Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Sedekah Kemanusiaan

Yuk Bantu Munawir, Ganti Kaki Palsu yang Rusak Agar bisa Kembali Cari Nafkah untuk Keluarga

Yuk Bantu Munawir, Ganti Kaki Palsu yang Rusak Agar bisa Kembali Cari Nafkah untuk Keluarga

Kondisi kaki palsu Munawir (37 tahun) mengalami kerusakan. Bagian telapak kaki palsunya sering pecah karena digunakan beraktivitas. Ia pun mencoba mempertahankannya dengan mengelemnya. Namun tidak bisa bertahan lama karena sebenarnya kondisi kaki palsu tersebut sudah tak layak lagi digunakan.

Maklumlah sudah tiga tahun lebih kaki palsu tersebut digunakan untuk menggantikan kaki kirinya yang diamputasi akibat kecelakaan kerja pada 2017.

(Alami Kecelakaan Kerja, Kaki Munawir Diamputasi)

(Alami Kecelakaan Kerja, Kaki Munawir Diamputasi)

Ketika itu Munawir bekerja pada perusahaan pelayaran, tepatnya di kapal logistik. Kaki kirinya tak sengaja terlilit tali kapal yang menyebabkan patah saat itu juga, ketika kapal hendak bongkar muat di pelabuhan. “Kejadian itu berlangsung sangat cepat, hitungan detik, yang saya rasakan kaki sebelah kiri saya seperti mati rasa, dan bersimbah darah,” ujar Munawir.

Munawir segera dibawa ke rumah sakit oleh teman-temannya agar segera mendapat tindakan. Kondisi kaki yang sudah patah mengharuskan dokter melakukan tindakan amputasi pada bagian tulang kering di atas mata kaki Munawir.

Hingga akhir 2017, pengobatan Munawir masih tercakup jaminan dari perusahaan tempatnya bekerja. Tahun selanjutnya biaya berobat ditanggung sendiri karena Munawir tak lagi ada perpanjangan kontrak dari tempatnya bekerja, keterbatasan fisik menjadi salah satu faktornya.

Ketika itu Munwir sempat terkendala untuk membeli kaki palsu. Cukup mahalnya harga kaki palsu membuat ia mencari-cari bantuan untuk membelinya. Alhamdulillah kaki palsu yang ia harapkan berhasil didapati, Munawir dapat kembali berjalan tanpa bantuan tongkat dan dapat berjalan ke masjid untuk ikut shalat berjamaah.

Awal tahun 2018 Munawir sempat mencoba peruntungan dengan membuka usaha, berjualan kebab. Namun, usaha yang ia rintis hanya berjalan sekitar tiga bulan, minimnya pembeli menjadi salah satu sebab sehingga Munawir tak lagi melanjutkan usahanya.

(Kaki Palsu yang Sudah Rusak)

(Kaki Palsu yang Sudah Rusak)

Munawir memilih untuk mencari pekerjaan yang bisa menerima kondisi kekurangan fisiknya. Alhamdulillah ia direkrut di salah satu toko herbal yang ada di daerah Cinere, Depok. Di sana ia bekerja menjadi kasir.

Masalah kembali terjadi setelah hampir dua tahun bekerja, ia terpaksa dirumahkan karena terjadi pandemi Covid-19 yang membuat penghasilan toko menurun.

Kini ia hanya bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di samping itu masalah lain pun kembali terjadi, kaki palsunya rusak dan tak layak lagi digunakan.

Munawir berharap agar memiliki kaki palsu baru dengan bahan yang lebih baik lagi agar ia dapat beraktivitas sebagaimana biasa. Namun, cukup mahalnya harga kaki palsu membuatnya masih bertahan denga kaki palsu rusaknya yang sebenarnya sudah tak layak digunakan lagi.

Untuk mendukung kelancaran aktivitas berjalannya Munawir, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslim bersedekah melalui program Sedekah Kemanusiaan (SK) sehingga ia bisa membeli kaki palsu baru dengan bahan yang lebih baik.

Semoga kita semua mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT karena telah membantu sesama. Aamiin.[]

 

Sedekah yang Diperlukan:

Rp.24.615.000

Mitra Lapangan:

Wahyu

 

#BWA #InovasiWakaf #SK #SedekahKemanusiaan #SK

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur

Komunitas Pendukung