Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Wakaf Khusus Dakwah

Yuk, Bantu Pengembangan Pesantren Anwarul Fatihin di Desa Pengadang NTB

Yuk, Bantu Pengembangan Pesantren Anwarul Fatihin di Desa Pengadang NTB

Bagaikan suluh yang menerangi malam, kehadiran Pesantren Anwarul Fatihin telah mencerahkan kehidupan masyarakat Desa Pengadang, sebuah daerah di Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sudah tujuh tahun lamanya  pesantren ini menjadi tumpuan masyarakat untuk memberikan pendidikan formal dan keagamaan bagi anak-anaknya.

Pesantren Anwarul Fatihin berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi. Tahun ini jumlah muridnya mencapai 160 orang yang berasal dari lima desa di sekitar Pengadang. Jarak tempat tinggal mereka dengan pesantren tidaklah begitu jauh, berkisar 2-5 kilometer. 

Keseluruhan murid Pesantren Anwarul Fatihin terbagi dalam tiga tingkat pendidikan, mulai dari Raudhatul Athfal (RA) atau Taman Kanak-kanak, tingkat Tsnawiyah atau SMP, dan  dan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang setara dengan SMU.

(Suasana Kelas Tempat Belajar Santri Sekaligus Tempat Ibadah)

Di tempat ini murid-murid tetap bersemangat dan antusias belajar, meski fasilitas pendidikan yang tersedia sangat terbatas. Bayangkan saja, dengan jumlah murid sebanyak itu ditambah dengan tingkat pendidikan yang beragam, bangunan yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar hanya seluas 8 x 25 meter.

Pengelola Pesantren Anwarul Fatihin, TGH Mahyun Azhar, QH, MMPd, sangat menyadari kekurangan ini, namun tidak bisa berbuat banyak selain memaksimalkan fasilitas yang ada. Kondisi saat ini ruang kelas terasa semakin sesak. Jumlah dan luas ruangannya tidak sebanding dengan jumlah murid yang belajar.

(Santri-santri Anwarul Fatihin)

Keterbatasan fisik bangunan dan fasilitas pendidikan membuat pesantren tidak bisa menerapkan sistem pondok yang mengajarkan anak-anak untuk tinggal di asrama. Padahal pendidikan asrama sangat penting untuk membentuk kepribadian anak didik agar  tumbuh menjadi seorang muslim dan muslimah yang tangguh.

Untuk mengatasi kekurangan ini, perlu adanya penambahan bangunan baru yang dapat dijadikan ruang kelas dan asrama. Disamping itu juga dibutuhkan pembebasan lahan untuk pengembangan pesantren ke depan. Namun tidak bisa dilakukan karena tidak ada dana.

(Lokasi Lahan yang akan Dibebaskan)

Pesantren Anwarul Fatihin sangat berharap ada pihak-pihak yang berkenan membantu pengembangan pesantren, hingga dapat berkembang dan memberikan manfaat lebih besar bagi anak didik dan masyarakat sekitar.

Karena itu, Badan wakaf Al Quran (BWA) mengajak para wakif untuk bersama-sama menggalang dana membiayai pengembangan bangunan dan fasilitas Pesantren Anwarul Fatihin. Semoga Allah SWT meridhoi niat baik ini dan dan memudahkan segala sesuatunya. Dan semoga Allah SWT membalasi dukungan dan bantuan yang tulus dari para wakif dengan kebaikan berlipat ganda.

 

Nilai Wakaf yang Dibutuhkan:

Rp.2.889.540.466

Partner Lapangan:

TGH Mahyun Azhar, QH, MMPd

 

#BWA #InovasiWakaf #WKD #WakafKhususDakwah #Ponpes #Pengadang #NTB

 

Belum ada Update

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.