Detil Proyek

Berikut ini adalah salah satu detil proyek dari Zakat Peer To Peer

ZPP Tama

Sang Ibu Tak Mau Melihat Anak Semata Wayangnya Putus Sekolah

Harapan besar ibu Ecce (48 tahun) kepada anak semata wayangnya Rivaldi Pratama Putta (7 tahun) yang kerap disapa Tama, untuk terus menimba ilmu  dan menjadi anak yang soleh. Mimpi besar yang ia gantung kepada buah hatinya akan ia jalani meskipun sang suami (Alm) tak lagi menemani, karena telah pergi kepangkuan Illahi pada pertengahan tahun 2017.

Saat ini Tama duduk di bangku kelas dua disalah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Tama merupakan anak yang aktif, selain gemar main futsal dan bulu tangkis, ia juga pernah meraih prestasi juara pertama ketika mengikuti perlombaan hafalan surat-surat pendek tingkat sekolah dasar, ketika Tama masih kelas satu.

(Tama, 7 tahun)

(Tama, 7 tahun)

Namun, ditengah harapan tinggi sang ibu terhadap pendidikan anaknya, sang ibu sangat kesulitan untuk membayar biaya sekolah Tama karena suami yang selama ini menafkahi keluarga sudah tiada. Walhasil sekolah Tama sering nunggak pembayaran, dan beberapa kali ia ditegur oleh pihak sekolah untuk segera melunasi biaya pendidikan anaknya.

Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ecce membuat dan menitipkan kue yang disekitar warung tempat ia tinggal. Penghasilan yang ia dapat dari usahanya itu baru mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. “Penghasilannya tidak seberapa mas, hanya sekitar 30rb/hari, Ujar sang ibu.

Hal ini yang membuat Ecce kewalahan untuk membayar sekolah Tama, terlebih ia masih diharuskan untuk membayar uang kontrakan rumah, yang bertempat di daerah  Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta Timur.

Untuk meringankan beban keluarga ibu Ecce, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak para muzaki menyalurkan kewajiban zakat hartanya melalui program Zakat Peer to Peer (ZPP) sehingga Tama bisa terus sekolah untuk menggapai cita-citanya. Semoga zakat harta yang Anda tunaikan diterima Allah SWT dan menjadi ‘tiket’ masuk ke dalam surga-Nya. Aamiin.[]

 

Nilai Zakat Harta yang Dibutuhkan

Rp.14.797.000

Mitra Lapangan

Rifai

 

#BWA #Wakaf #WakafQuran #Zakat #ZPP

ZPP Tama

Update #1: Biaya Pendidikan Tama Tetap Terpenuhi di Masa Pandemi

Raut bahagia nampak jelas terlihat dari Ibu Ecce (48 tahun) saat bantuan Zakat dari program ZPP BWA diterimanya. Ibu Ecce sangat bersyukur bantuan yang diterimanya bisa ia gunakan untuk biaya pendidikan Tama dan keperluan pokok sehari-hari. Di tengah pandemi corona ini, Ibu Ecce tidak bisa lagi berjualan kue untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

(Tama)

(Tama)

“Terimakasih, alhamdulillah sebelumnya saya ucapkan kepada BWA dan para donatur yang telah membantu Tama dan keluarga kami. Apalagi karena wabah virus covid-19 ini saya tidak bisa berjualan kue yang seperti biasa”, cerita Ibu Ecce.

“Terkadang saya suka tidak percaya apakah masih ada orang yang mau bantu Tama semenjak ditinggal abinya meninggal 5 tahun lalu, tapi berkat info teman, saya diperkenalkan kepada BWA agar Tama bisa tetap bersekolah dan menimba ilmu agama agar kelak dia juga bisa membantu orang seperti dia pada saat ini”, tuntasnya.

 

#ZakatPeertoPeer

Disclaimer:
Jika hasil penggalangan dana project wakaf/donasi melebihi dari target yang dibutuhkan, maka kelebihan dana project ini akan dialihkan kepada program dan project lain di Badan Wakaf Al Qur’an berdasarkan kebijakan manajemen BWA.

Para Donatur